Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ulangan Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 2

Soal Ulangan Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Semester 2
Download soal ulangan semester 2 atau penilaian akhir tahun (PAT) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 5 sesuai dengan Kurikulum 2013.

Penilaian dalam Kurikulum 2013 (K-13) jenjang Sekolah Dasar (SD) terdiri dari penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester/Tahun(PAS/PAT). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) menjadi salah satu mata pelajaran wajib SD dalam K-13 yang terpisah dengan pembelajaran tematik.

Pelaksanaan penilaian dalam Kurikulum 2013 lebih komplek bila dibandingkan dengan penilaian di kurikulum KTSP. Dalam proses penilain K-13, seorang guru Pendidikan Agama Islam harus melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Ulangan atau penilaian akhir tahun (PAT) diberikan setiap akhir semester genap sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari. Soal ulangan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 5 semester 2 disusun berdasarkan kisi-kisi sesuai materi yang terdapat buku siswa dan buku guru PAIBP Kurikulum 2013.

Contoh Soal Ulangan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Semester 2

Ayo, kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar !

4. Melakukan suatu amal perbuatan untuk mencari pujian orang lain disebut .....
8. Sebutkan orang-orang yang celaka menurut QS Al Maun, 3 saja!

10. Para Rosul pasti menyampaikan wahyu Allah SWT kepada umatnya, berarti rosul bersifat Allah bersifat ....
A. Sidiq
B. Amanah
C. Tablig
D. Fatanah

17. Bagaimana cara meneladani sifat wajib rasul fatanah? Jelaskan
18. Sebutkan sifat-sifat wajib bagi rosul dan artinya!

24. Perilaku sederhana termasuk akhlaq yang ....
25. Sebutkan manfaat hidup sederhana, 3 saja!

26. Memurnikan ibadah atau amal salih hanya untuk Allah semata disebut ....
A. riya'
B. ujub
C. ikhlas
D. sum'ah

34. Membaca Al-Quran diawali dengan membaca ....
A. tasbih
B. ta'awuz
C. takbir
D. tasdiq

39. Membaca Al-Quran diakhiri dengan bacaan ....
41. Sebutkan 3 manfaat tadarus Al-Quran!
50. Apakah pelajaran yang dapat diambil dari kisah Luqman Al Hakim, jelaskan!

Selengkapnya soal ulangan semester 2 atau penilaian akhir tahun (PAT) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 5 sesuai dengan Kurikulum 2013 dapat didownload melalui link berikut ini:


Soal UAS semester ganjil mata pelajaran PAI kelas 5 Kurikulum 2013 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UTS atau PTS dan UAS atau PAT, khususnya kelas 5 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.