Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar Anak Mendengar dan Nurut Ketika Diberitahu

Ketika bicara pada anak usahakan benar-benar fokus ke mereka.

Sebagai orangtua sering kita mengeluh kok susah banget ya mendapat perhatian anak-anak. Ketika berbicara dengan mereka seakan dicueki dan ketika diberitahu mereka tidak mau nurut. Tentu saja ini membuat kesal, lalu bagaimana caranya supaya anak bisa fokus dan mematuhi perintah kita?

Kondisi ini bisa terjadi ketika orangtua hanya ngomong saja ke anak. Misalnya, orangtua terus menyuruh anak mengerjakan PR namun ia sibuk dengan gadget atau menonton TV. Akhirnya apa yang dikatakan orangtua tidak diperhatikan oleh anak. Ketika bicara pada anak usahakan benar-benar fokus ke mereka.

Seperti yang SekolahDasar.Net lansir dari laman Hai Bunda, untuk bisa menjaga perhatian pada anak sehingga mereka nurut ketika diberitahu, ini 4 hal yang bisa kita lakukan sebagai orang tua:

1. Bersikap Penuh Perhatian

Ketika meminta anak melakukan sesuatu, usahakan pandang mata fokus dan tidak melakukan hal lain. Jangan jadikan meminta anak sebagai multitaskingnya orangtua. Jika seperti itu anak bisa merasa orangtua sekadar menyuruh tanpa ada perhatian sedikitpun dan anak juga tidak menganggap serius apa yang diminta orangtuanya.

2. Dapatkan Perhatian Anak

Orangtua harus memastikan mereka mendapat perhatian penuh dari anak mereka supaya anak nurut, ketika diberitahu. Carnya dengan mendekat dan sebut namanya, lakukan kontak mata sejajar, sampaikan pesan dan minta anak mengulanginya dua kali. Dengan begitu, orangtua tahu mereka telah memahami apa yang perlu mereka lakukan.

3. Buat Aturan Penggunaan Gadget

Soalnya pemakaian gadget berhubungan erat dengan fokus dan perhatian anggota keluarga saat saling bicara dan masing-masing cenderung saling mengabaikan. Untuk itu perlu dibuat aturan penggunaan gadget di keluarga supaya ada waktu di mana sesama anggota keluarga saling mendengar.

4. Jangan Segan Terapkan Konsekuensi

Terkadang anak-anak tidak memperhatikan hanya karena orang tua selalu meminta mereka dan pesan itu hilang. Ketika kita sudah memberi tahu anak dengan cara yang tepat dan jelas tapi anak tak juga nurut jangan segan beri mereka konsekuensi. Pastikan konsekuensi ini sudah didiskusikan sebelumnya.