Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jauhkan Anak dari Makanan Manis dan Gurih, Ini Alasannya

Demi alasan kesehatan, sebaiknya jauhkan anak-anak dari makanan yang mengandung fruktosa.

Anak-anak pasti suka makanan manis dan gurih. Tapi demi alasan kesehatan, sebaiknya jauhkan anak-anak dari makanan yang mengandung fruktosa, seperti yang terkandung dalam minuman bersoda dan minuman manis lain sejak dini.

Mereka juga harus dijauhkan dari makanan yang mengandung banyak garam, pizza, biskuit, dan yoghurt karena bisa mempengaruhi kesehatan liver. Itulah hasil sebuah penelitian yang diadakan oleh tim dari Rumah Sakit Bambino Gesu di Italia.

Seperti SekolahDasar.Net lansir Tempo (09/09), makanan yang mengandung fruktosa bisa meningkatkan konsentrasi serum asam urik.

Konsentrasi asam urik dan konsumsi fruktosa biasanya sangat tinggi pada mereka yang memiliki kandungan lemak liver non alkohol (NAFLD) yang tinggi. NAFLD adalah kondisi di mana kelebihan lemak berkumpul di sel-sel liver pada mereka yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Baca: Makanan Untuk Mendukung Perkembangan dan Fungsi Otak Anak

Penyakit ini dialami oleh 30 persen penduduk di dunia Barat secara umum, 9,6 persen pada anak-anak, dan 38 persen adalah anak-anak obesitas karena pengaruh penyakit liver. Kondisi akan memburuk seiring dengan pertambahan usia anak.

“Ada kemungkinan asupan fruktosa dan konsentrasi asam urik adalah faktor risiko potensial perkembangan penyakit liver NAFLD,” jelas Valerio Nobil dari RS Bambino Gesu.