Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 6

Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 6
Download soal latihan ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Jawa untuk kelas 6 SD/MI.

Untuk mata pelajaran yang yang lain yang tidak diujikan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), seperti muatan lokal Bahasa Jawa tetap diujikan pada Ujian Sekolah (US) bagi siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD) dan sederajat. Kisi-kisi soal ujian tulis ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Jawa ujian sekolah sudah dirilis.

Kisi-kisi ini sebagai acuan dalam penyusunan soal ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Jawa. Materi yang diujikan mencangkup materi Bahasa Jawa kelas 4, 5, dan 6. Soal ujian sekolah Bahasa Jawa menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 (K13).

Bahasa Jawa tetap dipertahankan dalam Kurikulum 2013. Dipertahankannya pelajaran Bahasa Jawa dalam kurikulum 2013 ini perlu, karena pembelajaran bahasa daerah ini penting untuk pembinaan karakter siswa. Pelajaran Bahasa Jawa tidak dijadikan satu mata pelajaran tersendiri melainkan masuk dalam mapel Muatan Lokal.

Dinas Pendidikan telah merancang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi dasar (KD), Silabus Muatan Lokal Bahasa Jawa. Dengan mengacu pada Standar Kelulusan Kurikulum 2013, lulusan SD/MI/ SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan. [ Lihat: KI KD Bahasa Jawa Kurikulum 2013 untuk SD ]

SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 6

8. Kemricike suarane banyu kang mili neng kali gawe ayeme ati. Dasa nama saka ati yaiku ....
A. wanara
B. bawana
C. driya
D. graha

25. Yuda karo Yudi bocah kembar, rupane kaya ....
A. mimi lan mintuna
B. bumi karo langit
C. banyu karo lengo
D. jambe sinigar

30. Solah .... pancen alus merak ati.
A. tingkahe
B. polahe
C. bawane
D. solahe

36. Kembang kencur ditandur tepining sumur
Sapa jujur, bakal luhur klawan ....
A. misuwur
B. makmur
C. sempulur
D. sedulur

46. Usum udan akeh tanduran padha doyong. Kosok baline doyong yaiku ....
A. rubuh
B. ngadeg
C. ambruk
D. jejeg

Jumlah soal latihan ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Jawa adalah 50 soal dalam bentuk soal pilihan ganda. Selengkapnya soal latihan ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Jawa untuk kelas 6 SD/MI berformat .pdf yang belum disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Sebagai persiapan menghadapi ujian sekolah untuk siswa kelas 6 SD/MI. Latihan soal-soal mata pelajaran Bahasa Jawa dapat diperoleh dari buku berisi bank soal atau dari internet. Dengan rutin latihan mengerjakan soal-soal latihan ujian sekolah Bahasa Jawa, anak lebih serius mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian.