Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Matematika Kelas 5 K-13

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Matematika Kelas 5 K-13
Download soal penilaian akhir semester 1 pelajaran Matematika kelas 5 SD/MI sesuai Kurikulum 2013.

Penilaian Akhir Semester 1 (PAS) untuk mata pelajaran Matematika terpisah dengan Tematik. Pada Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk kelas 5 SD/MI, Matemtika menjadi mata pelajaran sendiri. PAS atau ulangan akhir semester 1 (UAS) dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PAS semester ganjil dilaksanakan sekitar bulan Desember. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K-13) dibuat oleh Dinas Pendidikan.

Salah satu kelengkapan perangkat pembelajaran adalah Program Semester (Promes) yang merupakan penjabaran dari Program Tahunan (Prota). Dalam pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap perencanaan salah satunya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam Sub Tema. KD merupakan salah satu unsur dalam Kurikulum 2013, KD mengandung muatan pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang harus dicapai siswa.

Manfaat adanya pemetaan Komptensi Dasar (KD) ini kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah anda dalam menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian. Untuk beberapa daerah, mungkin saja KD Matematika kelas 5 SD/MI tidak sesuai dengan urutannya. Berikut pemetaan KD Matematika kelas 5 SD/MI semester 1:

3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal

3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga

3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Matematika Kelas 5


Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini  dengan benar!

4. Hasil penjumlahan dari 1 3/5 + 5/7 = ....
5. Hasil dari 12,65 + 4,71 + 1,12 = ....
8. Ibu membeli 3 3/4 kg ikan mas, 4 1/5 kg ikan mujair, dan 2 3/4 kg ikan gurami. Berapa kilogram ikan yang dibeli Ibu?

14. Hasil kali dari  3/10 x 1,5 = ....
17. Hasil dari 0,15 x 60% adalah ....
20. Lantai UKS berbentuk persegi panjang dengan luas 4 4/5 meter persegi. Jika lebar lantai UKS 1,5 meter, berapa meter panjang lantai tersebut?

Download Soal Ulangan Akhir Semester 1 Matematika Kelas 5 K-13


Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir semester 1 pelajaran Matematika kelas 5 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 yang belum disertai kunci jawabannya yang berformat .PDF dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Soal UAS atau PAS semester 1 Matematika kelas 5 SD/MI disusun berdasarkan kisi-kisi. Soal UAS semester ganjil mata pelajaran Matematika kelas 5 Kurikulum 2013 (K13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 5 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.