Guru Wajib Mengerti dan Memahami, Proses Lebih Penting Dari Hasil
Cari Berita

Atas


Guru Wajib Mengerti dan Memahami, Proses Lebih Penting Dari Hasil

Selasa, 12 November 2019

Guru Wajib Mengerti dan Memahami, Proses Lebih Penting Dari Hasil
Harus dipahami alasan mengapa proses lebih penting dari hasil, berbagai hal  dapat dipelajari selama proses berlangsung.

Kebanyakan orang akan berfokus pada hasil tanpa memerhatikan proses yang dilaluinya. Hal ini sungguhlah berbahaya, pasalnya juga harus dipahami jika proses lebih penting dari hasil. Meskipun begitu bukan berarti hasil menjadi komponen tidak penting yang harus diabaikan.

Selama ini mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa di sini disebutkan bahwa proses cenderung lebih penting daripada hasil. Para guru wajib tahu jawabannya dengan menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

Proses Lebih Penting Dari Hasil? Ternyata Inilah Beberapa Alasannya


1. Melalui Proses yang Baik Maka Poin-poin Pembelajaran Akan Lebih Mudah Diterima

Tidak semua hal dengan hasil baik memiliki proses yang baik. Seringkali hasil yang baik tanpa melalui proses baik ini justru mengabaikan poin-poin pembelajaran yang seharusnya diterima ketika menuju ke hasil tersebut.

Misalkan saja dalam pelajaran wirausaha dimana seorang anak harus membuat konsep usaha untuk nantinya dikembangkan dan dieksekusi menjadi sebuah usaha nyata. Di sini dalam proses membuat usaha tersebut terdapat banyak pembelajaran yang dapat diperoleh oleh anak. Jadi hal tersebut sebaiknya tidak diabaikan dengan hanya berfokus pada hasil saja.

2. Banyak Hal yang Bisa Dikembangkan Dari Memahami Suatu Proses

Melalui proses yang baik seseorang tidak hanya akan lebih mudah memahami poin suatu pembelajaran yang berlangsung, namun di sisi lain ia juga dapat mengembangkan banyak hal. Ini yang biasanya sulit ditemui ketika kita hanya fokus pada hasil saja.

Contoh sederhananya adalah ketika kita berada dalam suatu proses mengembangkan usaha dengan target profit sekian rupiah. Pengusaha yang menghargai proses dapat lebih mudah bergerilya dan mengembangkan berbagai hal untuk menopang bisnisnya dalam proses tersebut.

Meskipun nantinya sang pengusaha tidak mendapat hasil sesuai misalkan, tapi ia mendapat pengalaman banyak dari proses yang ia lakukan. Berbagai hal yang ia kembangkan selama proses pun dapat ia jadikan untuk membuat usahanya menjadi lebih maju. Dalam proses tersebut ia mendapat ‘value’ yang ia butuhkan untuk menjadi seorang pengusaha.

3. Proses yang Baik Lebih Banyak Membuahkan Hasil Akhir yang Baik

Hal yang mendasari kenapa proses lebih penting dari hasil adalah karena dari proses yang baik biasanya muncul hasil yang baik. Harus dipahami jika ketika orang berfokus pada hasil maka besar kemungkinan ia mengabaikan proses yang terjadi. Hal ini membuat poin-poin penting dalam proses tersebut menjadi terabaikan.

Berbeda halnya ketika seorang menghargai proses untuk memperoleh hasil yang baik. Besar kemungkinan ia akan memperoleh hasil baik karena prosesnya yang baik. Di sisi lain ketika ia tidak mendapat hasil yang baik pun maka berbagai poin pembelajaran yang ia dapat dalam proses tersebut sudah menjadi bekal tersendiri nantinya.

Baik proses maupun hasil menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Berfokus pada hasil tidak ada salahnya, namun juga harus diperhatikan bagaimana proses menuju hasil tersebut. Jangan sampai demi hasil yang terbaik proses-proses yang curang pun ditempuh. Hal ini yang harus dihilangkan dari mindset banyak orang.

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa proses lebih penting dari hasil. Ketiga alasan di atas adalah sedikit di antaranya. Mulai dari adanya berbagai poin penting yang dapat diperoleh dari proses yang baik sampai dengan peluang perolehan hasil baik dari proses yang juga baik. Inilah yang nantinya harus ditanamkan para guru pada anak didiknya.