Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 Semester 1 K-13

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 Semester 1
Download Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) KI 3 (pengetahuan) dan KI 4 (ketrampilan) Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 Semester 1 tahun 2020 sesuai dengan KD Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru. Pada setiap tema di kelas 6 jenjang Sekolah Dasar (SD) terdapat 3 subtema, masing-masing subtema pembelajaran terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran pada pemetaan KD kelas 6 semester ganjil disusun berdasarkan buku guru kelas 6 K-13 revisi terbaru.

Berdasarkan Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru pembelajaran tematik untuk kelas 6 SD terdiri muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Kompetensi Dasar (KD) kelas 6 SD Kurikulum 2013 terdiri dari Kompetensi Inti (KI)-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KI-4 (Aspek Keterampilan).

Lihat juga: Kumpulan Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 K-13

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 6 untuk jenjang SD dan sederajat sesuai harus dilakukan oleh guru kelas 6. Pasalnya, dengan melakukan pemetaan KD akan mempermudah guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal. Tentu saja juga akan mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Daftar Nama Tema Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013


TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP

SUBTEMA 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan
SUBTEMA 2 Hewan Sahabatku
SUBTEMA 3 Lestarikan dan Hewan Tumbuhan

TEMA 2 PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

SUBTEMA 1 Rukun dalam Perbedaan
SUBTEMA 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
SUBTEMA 3 Bersatu Kita Teguh

TEMA 3 TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 1 Penemu yang Mengubah Dunia
SUBTEMA 2 Penemu dan Manfaatnya
SUBTEMA 3 Ayo, Menjadi Penemu

TEMA 4 GLOBALISASI

SUBTEMA 1 Globalisasi di Sekitarku
SUBTEMA 2 Globalisasi dan Manfaatnya
SUBTEMA 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

TEMA 5 WIRAUSAHA

SUBTEMA 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
SUBTEMA 2 Usaha Di Sekitarku
SUBTEMA 3 Ayo, Belajar Berwirausaha

Download Pemetaan KD KI 3 dan KI 4 Kelas 6 Semester 1 K-13


Dengan pemetaan KD kelas 6 semester 1 Kurikulum 2013 dapat mengetahui Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 revisi terbaru yang muncul pada pembelajaran setiap subtema dan tema semester 1 di kelas 6 SD/MI. Bagi Anda yang membutuhkan pemetaan KD Kelas 6 semester 1 Kurikulum 2013 revisi terbaru dapat didownload melalui link berikut:


Pemetaan KD kurikulum 2013 Kelas 6 semester  ganjil tersebut setiap muatan pelajaran dikutip langsung dari buku guru tematik kelas 6 semester 1 Kurikulum 2013 (K13) edisi revisi terbaru. Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 kelas 6 semester 1 dibuat dalam format excel yang dapat Anda edit. Pemetaan KD ini disusun berdasarkan pembelajaran 1 sampai pembelajaran 6 dalam setiap subtema.

Pemetaan KD KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan) juga bertujuan untuk memudahkan dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) di tahun pelajaran sekarang ataupun selanjutnya. Disamping itu pemetaan KD Kelas 6 ini di gunakan juga sebagai acuan dalam pembuatan Prota (Program Tahunan), Promes atau Prosem (Program Semester).