Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Membentuk Akhlak Siswa Berlandaskan Moral dan Syariat Agama

Tips Membentuk Akhlak Siswa Berlandaskan Moral dan Syariat Agama
Membentuk akhlak siswa yang baik.

Tips membentuk akhlak siswa tak akan berguna jika tidak didasari dengan moral yang kuat. Hal ini tentu menjadi sebuah perhatian yang sangat penting karena siswa adalah generasi yang nantinya akan meneruskan perjuangan dan perkembangan sebuah masyarakat dan negara pada lingkup yang lebih besar.

Dalam pendidikan moral, anak sangat wajib diberikan kandungan-kandungan yang nantinya akan berguna dalam membentuk akhlak atau akidahnya. Lantas seperti apa tips yang baik untuk membentuk akhlak untuk para siswa sekolah?

Tips Membentuk Akhlak Siswa


Anak adalah sebuah anugerah dari Allah SWT dan merupakan titipan yang paling penting dan berharga. Sebagai titipan, anda selaku orang tua atau pendidik, memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan menjaganya seperti yang telah Rasullullah SAW sampaikan dalam hadisnya yang berbunyi: "Rasullullah SAW bersabda, Mengajarkan adab kepada anak itu lebih baik bagi seseorang daripada melakukan sedekah satu sha' (makanan)." (HR Tirmidzi).

Sehingga, membentuk akhlak itu sendiri sangat dianjurkan bagi agama dan sesuai syariat. Berikut adalah beberapa tips membentuk akhlak siswa yang berlandaskan pada moral dan akidah, antara lain:

1. Memberikan Teladan yang Baik

Sebagai seorang guru, baik di sekolah maupun di luar sekolah, wajib memberikan teladan yang baik untuk semua siswanya tanpa terkecuali. Guru akan menjadi orangtua yang siswa lihat di sekolah. Hal tersebut akan menjadi contoh bagi mereka setiap harinya.

Peran orang tua dan juga guru pendidik akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah yang berhubungan dengan cara mendidik siswanya. Sehingga, usahakan dengan cara yang baik tanpa menyimpang ajaran agama untuk mendidik mereka.

2. Mengajak Beraktivitas Bersama 

Anak atau siswa sekolah, terutama yang menginjak usia lebih dari 7 tahun adalah siswa yang sudah mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Saat itulah, mereka sudah bukan menjadi anak kecil lagi. 

Tips membentuk akhlak siswa anda dapat mengajak beraktivitas dan membantunya memenuhi kebutuhan. Tentu saja yang sesuai dengan apa yang diketahuinya. Inilah yang menjadi tanggung jawab dalam diri dan perasaan berperan penting.

3. Memberikan Penilaian Atas Apa yang Telah Dilakukan

Tips ketiga inilah memiliki tujuan untuk menyadarkan siswa mengenai perasaan. Seperti pada saat mereka sedang bertengkar dengan teman, maka anda wajib memberitahunya jika hal tersebut adalah hal yang keliru untuk mereka lakukan. Dari hal tersebut, anak dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk untuk mereka lakukan.

Sebaliknya juga, mengenai perbuatan baik atau positif yang mereka lakukan. Anda bisa memberikan penghargaan serta pujian agar mereka bangga setelah melakukan kebaikan. 

4. Tanamkan Nilai Kebaikan Setiap Hari

Tips membentuk akhlak siswa selanjutnya adalah dengan menanamkan nilai kebaikan pada siswa. Anda dapat memahami apa yang menjadi landasan siswa saat belajar di sekolah. Penanaman hal yang positif selalu dapat diandalkan dalam pembentukan akhlak mereka setiap hari. Dengan demikian, dengan selalu memberikan pemahaman dalam berlaku yang positif dapat anak pahami dengan baik.

Misalkan, selalu tanamkan untuk berkata jujur, dapat menjalankan amanah dengan baik, menaati janji, selalu berbicara dengan lemah lembut, serta senantiasa berperilaku santun. Inilah mengapa sangat penting untuk seorang pendidik dapat mengambil perannya dalam pembentukan akhlak bagi siswa.

Mengetahui berbagai tips membentuk akhlak siswa dengan moral serta dengan syariat agama, akan senantiasa memberikan hasil yang memuaskan. Siswa yang selalu bersikap positif dengan bekal akhlak terpuji dalam kehidupannya, baik di sekolah maupun di rumah.

Berlangganan via Email