Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hal Terlarang Bagi Orang Tua Pada Anak Menurut Pandangan Islam

Hal Terlarang Bagi Orang Tua Pada Anak Menurut Pandangan Islam
Perasaan minder karena dibanding-bandingkan.

Hal terlarang bagi orang tua pada anak dalam Islam wajib anda ketahui. Membesarkan anak bisa menjadi sebuah tantangan setiap orang tua. Karena, hal tersebut bukanlah tugas yang mudah untuk dilakukan. 


Seringkali buah hati membuat tingkah yang menjadikan orang tua lepas kendali, dan akhirnya meneriaki bahkan membentak sang anak. Namun, hal tersebut menurut Islam merupakan sesuatu yang dilarang.

Berbagai Hal Terlarang Bagi Orang Tua Pada Anak Menurut Islam

Menurut seorang ulama populer, Syekh Ali Jaber mengungkapkan mengenai perhatian Islam untuk pendidikan anak sangat besar. Perkataan orang tua yang dapat merusak perasaan mereka dapat dihindari dan juga sebagai bahan pembelajaran orang tua yang penting.

Menurut Syekh Ali Jaber, jika hal pertama yang menjadi berbahaya adalah suka mencaci-maki anak sendiri. Apalagi, pada saat orang tua sedang dalam kendali emosi. Sehingga, ia selalu mengingatkan untuk para umat Islam jika sedang emosi, maka dapat menjauhi anak-anak. Karena hal itu dapat melindungi perasaan sang buah hati.

Caci Maki dengan Kata Kasar dan Tidak Pantas


Hal terlarang bagi orang tua pada anak yang pertama adalah jangan mencaci makinya dengan kata yang tidak pantas. Ada baiknya dan sangat dianjurkan jika jangan pernah mengungkapkan kalimat kasar yang tidak pantas untuk anak-anak, apalagi hal tersebut diucapkan di hadapan orang lain.

"Jangan mencaci-maki anak kita di depan orang lain. Bahkan ada teman-temannya. Hal itu bisa memicu kebencian anak pada orangtuanya," ucap Syekh Ali Jaber.

Jangan Menghina Anak di Depan Orang Lain


Ada saja orang tua yang berkata hingga menghina anaknya, seperti ungkapan "Saya heran bagaimana bisa saya punya anak seperti itu,".

Apalagi ungkapan tersebut orang tua ucapkan di hadapan teman-temannya. Kemungkinan besar, anak anda tersebut tidak menangis karena sudah mati rasa. Akhirnya berdampak menjadi kecil hati, sulit diarahkan untuk menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Ucapan anda sebagai orang tua tersebut merupakan salah satu hal terlarang bagi orang tua pada anak yang dapat menyinggung. Ucapan seperti tadi juga bisa menghancurkan hati anak anda. Hal yang penting untuk diperhatikan sebagai orang tua ada dua hal:
  • Nashihah, yakni memberikan nasihat dengan cara yang tepat dan baik, bukan di hadapan orang lain.
  • Jangan Fadhihah, yakni membuka aib dan memberitahu mereka dengan cara yang tidak benar serta di hadapan orang-orang.

Jangan Membanding-Bandingkan Anak dengan Orang Lain


Hal yang berbahaya selanjutnya yang seringkali orang tua lakukan terhadap anak adalah membanding-bandingkannya dengan orang lain. Karena, hal tersebut dapat berakibat:

  • Perasaan minder bagi anak
  • Menimbulkan rasa benci kepada orang tua
  • Akan mudah berlawanan dengan orang yang orang tua banding-bandingkan.

Anda saja sebagai orang dewasa yang dibanding-bandingkan dengan orang lain bisa tersinggung, apalagi anak anda. Oleh karena itu, hentikan melakukan hal terlarang bagi orang tua pada anak dengan membanding-bandingkan mereka, baik dengan saudara hingga orang lain. 

Berlangganan via Email