Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Usaha Menumbuhkan Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan

Usaha Menumbuhkan Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan

Jember merupakan salah satu kabupaten di daerah Jawa Timur yang terkenal akan keindahan pantai dan mewahnya pagelaran JFC (Jember Fashion Carnival), namun dibalik itu semua pendidikan di daerah jember sendiri belum merata. Hal ini dapat terlihat dari masih banyaknya sekolah yang masih belum mendapatkan fasilitas serta pengajaran yag layak, masih banyak anak- anak yang belum merasakan pendidikan seperti anak- anak pada umumnya. 

Kesempatan untuk bersekolah dan mengenyam pendidikan dengan nyaman merupakan impian dari semua anak di negeri ini, menjadi pintar dan memiliki ilmu yang luas juga merupakan impian dari seluruh manusia. Bermain, belajar, menikmati fasilitas pendidikan dan melakukan aktifitas yang menyenangkan bersama dengan teman- teman di sekolah merupakan hal yang sangat didambakan oleh sebagian anak di negeri ini, namun tidak semua anak di negeri ini mampu untuk mendapatkan hal tersebut. 

Pendidikan di Indonesia yang belum merata dan kemampuan ekonomi dari setiap kepala keluarga untuk membiayai anaknya menjadi salah satu faktor dari berjuta faktor lainnya yang menjadi penghalang bagi anak untuk merasakan bangku sekolah. 

Keterbatasan yang mereka miliki tidak lantas menjadi penghalang bagi mereka untuk terus belajar dan mengejar impian, mereka masih memiliki semangat belajar yang tinggi. Contoh nyata dari yang dapat terlihat adalah masih banyak terdapat siswa yang semangat untuk belajar walaupun fasilitas yang ada tidak memumpuni seperti bangku dan meja untuk beljar yang sudah keropos, tidak ada toilet, jumlah kelas yang sedikit, dan juga jumlah tenaga pengajar yang sangat minim. Hal – hal tersebutlah yang membuat gerakan mengajar universitas ini didirikan, Unej Mengajar merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa tingkat universitas di Universitas Jember. 

UKM ini bergerak dalam bidang pendidikan khususnya bagi sekolah dasar yang masih dirasa membutuhkan bantuan dalam bidang pengajaran, Ujar atau Unej mengajar telah membantu beberapa Sekolah Dasar yang memiliki fasilitas dan pengajaran yang masih dirasa kurang. 

Ujar sendiri telah memiliki 6 SD binaan diantaranya adalah SD Klungkung 02, SD Bintoro 05, MI Darul Ulum Mayang, SDI Miftahul Ulum, Baitul Mutaalim, dan SD Bangeran. Kondisi dari sekolah tersebut sangat kurang jika dibandingkan dengan sekolah dasar lain baik dalam segi fasilitas maupun sistem pengajaran. Pengajaran dilakukan setiap hari Sabtu dengan harapan siswa dapat belajar lebih gembira dan memiliki semangat belajar yang tinggi walaupun di tengah keterbatasan. 

Usaha ini dilakukan untuk menumbuhkan kembali semangat belajar anak negeri walaupun di tengah keterbatasan yang ada, jarak dan medan yang susah tidak pernah menjadi halangan ataupun rintangan untuk bersekolah.Info lebih lanjut mengenai UKM dan pergerakan serta event apa saja yang kami lakukan dapat dilihat pada akun resmi ig ujar yaitu @unej.mengajar 

*) Dikirim oleh Jaizatul Fitriansyah, salah satu anggota dari unej mengajar yaitu sobat pengajar 9 dan juga pengurus di divisi public relation.