Tips Mengembalikan Semangat Belajar Siswa Setelah Liburan
Cari Berita

Atas


Tips Mengembalikan Semangat Belajar Siswa Setelah Liburan

Kamis, 18 Juli 2019

Tips Mengembalikan Semangat Belajar Siswa Setelah Liburan
Selain memulai dengan konten ringan, bertukar cerita liburan juga merupakan tips mengembalikan semangat belajar siswa yang ampuh seusai liburan.

Masa setelah liburan, merupakan masa yang sering membuat semangat belajar siswa mengendur. Salah satu alasannya tentu karena siswa telah terbiasa dengan rutinitas liburan yang umumnya cenderung lebih menyenangkan. Sebagai guru, Anda tentu khawatir mengenai hal ini. Oleh karena itu, Anda perlu tahu mengenai tips mengembalikan semangat belajar siswa yang akan dibahas sebagai berikut:

1. Tularkan Semangat dengan Hal Menyenangkan

Apa Anda pernah mendengar jika rasa bahagia itu bisa menular? Nah, sebenarnya konsep dari poin pertama ini tidak jauh-jauh dari kalimat tersebut. Jika bahagia menular, maka bukan tidak mungkin semangat juga bisa ditularkan. Karena itulah dalam hal ini, penting bagi Anda untuk menunjukkan rasa semangat dengan cara memberikan sesuatu yang menyenangkan untuk siswa.

Anda bisa memulainya dengan sesuatu yang sederhana. Misalnya, dengan menunjukkan semangat mengajar di kelas. Atau untuk hal yang lebih nyata, Anda juga bisa memberikan suasana kelas yang berbeda dengan cara merubah tampilan kelas menjadi lebih baru.

2. Mengawali Pelajaran dengan Konten yang Ringan

Untuk permulaan, tidak ada salahnya jika Anda mengawali proses belajar dengan konten yang ringan. Tidak peduli sedewasa apa siswa yang tengah Anda hadapi, seusai liburan siswa tetap akan butuh beradaptasi kembali. Untuk itulah, alih-alih memulai dengan konten berat dan membosankan, cara ini tentu jauh lebih disarankan.

Bukan hanya akan membangkitkan semangat siswa kembali, tips kedua ini juga akan membantu siswa untuk beradaptasi lebih cepat. Adapun konten ringan yang dimaksud di sini, bukan berarti Anda harus mengisi pelajaran dengan materi-materi yang tidak penting. Tetapi, lebih kepada mengemas materi pelajaran dengan cara menyampaikannya secara menarik. Misalnya, membuat materi menjadi sebuah vidio animasi, atau menyampaikan materi dengan diselingi permainan.

3. Bertukar Cerita Liburan

Selain memulai dengan konten ringan, bertukar cerita liburan juga merupakan tips mengembalikan semangat belajar siswa yang ampuh seusai liburan. Barangkali ini memang terdengar klise. Tetapi, untuk membuat suasana kelas lebih menyenangkan, tips ketiga ini tidak perlu diragukan.

Lihat juga: 10 Ide Mengisi Liburan Sekolah yang Murah dan Seru

Bahkan selain ampuh untuk mengembalikan semangat siswa, tips ini juga bisa menjadi salah satu metode untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Misalnya, saat tengah menanggapi cerita mereka, Anda bisa menyelingi cerita dengan kisah inspiratif yang akan memacu semangat belajar siswa bertumbuh.

4. Mengingatkan Siswa Mengenai Ujian yang Semakin Dekat

Untuk siswa kelas akhir, tips keempat ini bisa menjadi cara ampuh untuk mengembalikan semangat belajar mereka. Mengingat masa sekolah untuk siswa akhir memang jauh lebih singkat dibandingkan dengan kelas di bawahnya. Hal itu karena nanti, waktu sekolah tersebut akan dipenuhi dengan ujian-ujian seperti UN atau SBMPTN.

Untuk lebih efektif, Anda juga bisa mengingatkan siswa mengenai pentingnya nilai bagus yang akan sangat berpengaruh pada jenjang sekolah yang akan dipilih selanjutnya. Adapun untuk jenjang SMA, motivasi keempat ini bisa Anda terapkan dengan menghimbuhi semangat belajar untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi atau SNMPTN.

5. Memberikan Apresiasi pada Siswa

Jika Anda tahu, sebenarnya cara menumbuhkan motivasi belajar siswa bisa Anda mulai ketika mereka akan liburan. Misalkan dengan memberikan tugas liburan untuk mereka. Tidak ada salahnya melakukan cara ini. Karena jika diterapkan dengan cara yang tepat, sebetulnya cara ini tidak akan mengganggu liburan mereka. Justru tugas ini nantinya akan membuat siswa menjadi lebih semangat untuk berangkat sekolah.

Nah, sebagai contoh, Anda bisa memberikan tugas sederhana seperti membuat cerita mengenai keseruan liburan mereka dan hikmah yang bisa diambil. Lalu untuk mengimbangi kerja keras tersebut, berikan pula sebuah apresiasi yang memacu semangat mereka. Misalnya dengan memberikan sebuah hadiah untuk cerita paling menarik.