Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Masih Banyak Guru, Tendik, dan Siswa Belum Divaksinasi

Masih Banyak Guru, Tendik, dan Siswa Belum Divaksinasi

Jelang pembelajaran tatap muka (PTM), masih banyak guru, tenaga kependidikan (tendik), dan siswa belum divaksinasi. Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mengimbau Pemda gencar melakukan vaksinasi kepada siswa di daerah masing-masing. Seperti yang sudah dimulai secara simbolis di DKI Jakarta. 

Lihat juga : Jika PTM Terbatas Batal, Kemendikbudristek Waspadai Learning Loss Gelombang Kedua

"Awal Juni 2021, vaksinasi guru dan tendik di Provinsi Aceh baru sekitar 2%. Awal Juli ini, diperkirakan baru sekitar 50% guru divaksinasi, itu pun tahapan pertama. Begitu juga di Kepulauan Riau, Sumut, Sumbar, Kaltim, Sulut, dan NTB," kata Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim.

Menurutnya, walaupun proses percepatan vaksinasi guru dan anak sedang dilakukan, tetapi syarat mutlak sekolah melakukan PTM terbatas tidak hanya itu. Seperti, faktor kesiapan pemenuhan daftar periksa PTM oleh sekolah dan faktor pemetaan oleh Pemda terkait kondisi laju sebaran Covid-19 di daerah, okupasi rumah sakit, kondisi fasilitas kesehatan di daerah, dan kesiapan sekolah, adalah syarat mutlak lainnya yang harus diperhatikan.

Ia mendukung kebijakan pemerintah pusat memberlakukan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. Di sisi lain, harus dijadikan momentum bagi sekolah-sekolah di luar Jawa-Bali untuk memenuhi dan melengkapi komponen daftar periksa PTM terbatas.

"Mulai dari fasilitas pendukung prokes, sarana prasarana kesehatan, data warga sekolah yang memiliki komorbid, sampai pada SOP pelaksanaan PTM terbatas nanti, agar bisa maksimal," kata Satriwan yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN.