Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Tepat Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan Sekolah

Cara Tepat Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan Sekolah

Menjaga kebersihan sekolah sangat penting dilakukan, terutama bagi anak-anak atau murid, maka harus tahu bagaimana cara menerapkannya. Pasalnya kebersihan sendiri merupakan sesuatu yang berpengaruh terhadap kesehatan seseorang.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kebersihan, tak hanya di rumah, melainkan juga di sekolah. Dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, maka kesehatan warga sekolah akan terlindungi dan kegiatan belajar mengajar lebih nyaman.

Simak Beberapa Cara untuk Menjaga Kebersihan Sekolah Agar Terhindar dari Kuman

Sekolah merupakan salah satu tempat yang tepat dan cocok untuk mengajarkan anak-anak tentang kebersihan sejak usia dini. Pasalnya anak-anak biasanya akan menghabiskan waktu kesehariannya di lingkungan sekolah.

Itulah mengapa mengajarkan kebersihan pada anak juga sangat penting dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Apalagi jumlah orang yang ada di sekolahan juga sangat banyak dan pastinya ada banyak kuman dari setiap orang.

Memiliki kesadaran diri dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu langkah terbaik untuk mencegah penularan penyakit. Meskipun sekolah sudah memiliki petugas kebersihan, akan tetapi mengajarkan anak untuk selalu jaga kebersihan adalah hal yang penting.

1. Selalu Membersihkan Ruang Kelas

Untuk menjaga kebersihan sekolah, maka setiap anak juga harus rajin untuk membersihkan ruang kelas mereka masing-masing. Mengingat bahwa ruangan yang satu ini paling sering digunakan untuk kegiatan belajar mengajar oleh siswa dan guru.

Dengan cara menjaga ruang kelas tetap bersih, maka semua anak juga bisa belajar dengan nyaman tanpa gangguan seperti bau tak sedap. Maka untuk menjaga kebersihan ruang kelas, maka seorang guru bisa membuat jadwal piket setiap masing-masing kelas di sekolahan tersebut.

Nah jadwal tersebut berguna untuk mendorong semua anak supaya membersihkan kelas secara teratur sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Hal seperti ini akan membuat semua anak terbiasa dan akan senantiasa menjaga kebersihan kelas mereka.

2. Selalu Membuang Sampah pada Tempatnya

Menjaga kebersihan sekolah juga bisa dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, yaitu tempat sampah. Sebab membuang sampah pada tempatnya juga bisa menjadi dasar kebersihan di lingkungan sekolahan ini.

Pasalnya tumpukan sampah juga bisa menjadi tempat bersarangnya virus, kuman hingga bakteri penyebab penyakit. Selain itu membuang sampah pada tempatnya, maka akan mengurangi paparan anak pada kuman penyebab penyakit.

Guna mendorong anak supaya membuang sampah pada tempatnya, maka penting bagi pihak sekolahan untuk menyediakan tempat sampah. Adanya tempat sampah ini, maka anak-anak akan rajin untuk membuang sampah pada tempat tersebut.

3. Membersihkan Toilet

Menjaga kebersihan sekolah termasuk toilet tidak hanya tugas pihak kebersihan sekolah saja, melainkan para muridnya. Seperti yang kita ketahui, bahwa kamar mandi maupun toilet merupakan tempat yang setiap hari pasti akan selalu digunakan.

Jadi tidak heran jika kamar mandi akan selalu memiliki bau yang tidak sedap, karena sebagai tempat untuk membuang kotoran dalam tubuh. Oleh karena itu penting bagi semua siswa untuk memiliki kesadaran diri supaya membersihkannya setelah menggunakannya.

Lihat juga : Tata Tertib Sekolah yang Terkesan Sepele Tapi Punya Manfaat Besar

Guna meningkatkan kesadaran semua anak, maka ajarkan anak-anak untuk selalu menyiram kamar mandi setelah buang air kecil atau besar. Pastikan juga bahwa kotoran dalam toilet tersebut sudah bersih sebelum akhirnya keluar dari ruangan tersebut.

Beberapa cara untuk menjaga kebersihan sekolah seperti tadi sangat penting untuk dilakukan oleh semua warga sekolah, terutama siswanya. Nah dengan menjaga kebersihan, maka lingkungan sekolah akan nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit.