Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Masyarakat Diajak Gotong Royong Wujudkan Merdeka Belajar

Masyarakat Diajak Gotong Royong Wujudkan Merdeka Belajar

Seluruh masyarakat diajak Indonesia, khususnya pelaku pendidikan, untuk melanjutkan gotong royong mewujudkan Merdeka Belajar. Hal ini dikatakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim. Menurutnya, ini penting dilakukan untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia ke depan.

"Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia Merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar," kata  Nadiem.

Dia menilai, semangat tersebut saat ini sedang dibuktikan melalui peran besar Kemendikbudristek melalui presidensi G20 dengan menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar,” jelas Nadiem.

Kemendikbudristek telah melaksanakan banyak program dalam perluasan akses pendidikan yang berkualitas. Salah satu di antaranya melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan berbagai program dukungan siswa.

Nadiem mengatakan, terobosan tersebut baru sebagian kecil dari Merdeka Belajar yang kini telah mencapai 21 episode. Menurutnya, akan masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan pihaknya luncurkan sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya.


"Yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila,” kata  Nadiem yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (20/08/22).