» » » » Contoh Bacaan SD: Pusat Pembelanjaan Metro

Contoh Bacaan SD: Pusat Pembelanjaan Metro

Bacalah bacaan dibawah ini dalam waktu dua menit !

Letak pusat perbelanjaan Metro sangat strategis, yaitu ditengah – tengah kota. Bangunan tokonya luas dan besar, bangunannya terdiri atas 3 lantai. Antara lantai satu dengan lantai yang lain dihubungkan dengan tangga tetap dan eskalator.
Di dalam toko, barang dagangan ditata berkelompok menurut jenisnya. Setiap kelompok menempati suatu tempat atau ruang terbuka. Kelompok elektronik yang terdiri atas televisi, kulkas, video, tape, komputer, kompor gas, magig jar, magic com berada di depan meja kursi, almari, bufet, dan sofa. Di depan sebelah kiri dipajang guci, piring hias, vas, dan tempat payung. Guci yang dipajang berukuran legkap dari terkecil sampai terbesar setinggi orang dewasa.

Perabot rumah tangga ada di ruangan tengah, ruangan untuk perabot rumah tangga menempati ruangan yang paling luas. Di ruangan ini dipajang berbagai perabot dapur, ruang tamu serta barang – barang keperluan sehari – hari dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Arena bermain, terpisah dengan toko. Di arena ini terdapat bermacam – macam permainan seperti mobil listrik, video game, dan luncuran.
Kedai warung makan bederet memanjang di sebelah kiri toko. Di kedai dijual berbagai menu masakan. Ada masakan Padang, sate ayam Madura, soto Kudus, gudeg Yogya, rujak cingur, dan empek – empek Palembang.
Para pengunjung merasa senang datang ke pusat perbelanjaan Metro. Mereka dapat berbelanja, menghibur anak, dan menikmati makanan dari berbagai daerah disatu tempat. Semua kebutuhan keluarga sehari – hari tersedia tinggal kita punya uang apa tidak.

Di pusat perbelanjaan Metro semua menyenangkan, tapi ingat teliti sebelum membeli dan belilah menurut kebutuhan dan sesuaikan kantong Anda !

Tugas !
A. Bersama kelompokmu sebutkan 5 hal penting dari bacaan diatas !
B. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan diatas dengan jawaban yang tepat !
1. Mengapa letak pusat perbelanjaan Metro dikatakan strategis ?
2. Peralatan apa yang menempati ruangan paling luas ? sebutkan contohnya !
3. Dimana letak kedai warung makan ?
4. Mengapa pengunjung merasa senang datang kepusat perbelanjaan Metro ?
5. Apa pesan penulis terhadap pembaca ketika berbelanja ?



SekolahDasar.Net | 29 Oktober 2008
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA