Tabulampot

Tanaman buah dalam pot ( tabulampot ) akhir – akhir ini banyak kita temui. Ini seiring dengan makin sempitnya lahan pertanian, terutama di kota – kota besar. Salah satu jenis tabulampot adalah belimbing. Tanaman ini meski bukan asli tanaman Indonesia, tetapi sudah banyak dikenal dinegara kita. Ada dua golongan tanaman belimbing, yaitu belimbing manis dan belimbing wuluh.

Buah belimbing manis dapat dimakan langsung sebagai buah segar, atau diolah menjadi sari buah, manisan dan selai. Kegunaan lainnya ialah dapat dijadikan bahan obat tradisional.

Selain ditanam ditanah yang cukup luas, tanaman belimbing dapat pula ditanam dalam pot. Belimbing yang ditanam dalam pot hasil buahnya tetap sama dengan belimbing yang ditanam ditanah luas, baik jumlah buah maupun rasanya. Tanaman nin juga dapat dijadikan hiasan dipekarangan rumah. Buah yang bergelantungan cukup indah dan menawan untuk dipandang.

Jenis bibit belimbing ada banyak. Di Indonesia jenis bibit unggul ada dua, yaitu belimbing kunir. Ciri – ciri buah belimbing kapur, yaitu buahnya lonjong, warna buah muda hijau, warna buah matang putih merata. Buah matang terasa manis dan banyak airnya. Jenis belimbing kunir ciri – ciri, yaitu buahnya lonjong, warna buah muda hijau muda, warna buah matang kuning. Buah matang terasa manis dan berair banyak.
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan apabila akan menanam belimbing dalam pot – pot, media tanam berupa tanah yang dicampur sekam atau tanah dicampur pupuk oganik, dan pecahan bata meah atau genting untuk lapisan dasar pot.

Hal yang perlu diperhatikan agar tanaman belimbing dalam pot tumbuh subur adalah sebagai berikut : menyiam, memupuk sesuai usia tanaman, dan membasmi hama atau penyakit yang menyerang daun atau batangnya.
Bagian tanaman belimbing yang dapat dijadikan obat meliputi akar, daun, bunga, dan buahnya. Jenis penyakit yang dapat diobati antara lain tekanan darah tinggi, radang lambung, demam, batuk – batuk, malaria, dan rematik. Agar tanaman ini berkasiat menjadi obat, dapat dikombinasikan dengan jenis tanaman obat lainnya.

B. Jawablah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini berdasarkan bacaan diatas dengan jawaban yang tepat !
1. Apa judul bacaan diatas ?
2. Mengapa Tabulapot akhir – akhir ini banyak ditemui ?
3. Ada berapa golongan tanaman belimbing ? Sebutkan !
4. Apa kegunaan buah belimbing ?
5. Apakah sama jumlah buah dan rasa, buah belimbing yang ditanam didalam pot dengan belimbing yang ditanam ditanah luas ?
6. Apa ciri – cirinya buah belimbing kapur ?
7. Hal – hal apa saya yang harus dipersiapkan apabila akan menanam belimbing di dalam pot ?
8. Bagian mana saja dari tanaman belimbing yang dapat dijadikan obat ?
9. Jenis penyakit apa yang dapat disembuhkan dengan belimbing ?
10. Apa yang harus dilakukan agar tanaman belimbing dapat berkasiat ?



SekolahDasar.Net | 29 Oktober 2008
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA