Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pembelajaran Diskusi Kelas Strategi Numbered Head Together (NHT)

Dalam penerapan pendekatan konstruktivisme pada tahap diskusi memerlukan suatu model diskusi yang sangat mendukung dalam penerapan pendekatan konstruktivisme agar siswa berperan aktif selama proses pembelajaran. Model diskusi yang digunakan oleh peneliti adalah Numbered Head Together (NHT).

1. Pengertian Numbered Head Together (NHT)
Numbered Head Together atau penomoran berpikir bersama adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional (Trianto, 2007: 26). Numbered Head Together dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide, mempertimbangkan jawaban yang paling tepat serta mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama antar anggota kelompok.

2. Implementasi Pembelajaran Diskusi Kelas Numbered Head Together (NHT)
Dalam pendekatan kontruktivisme, strategi diskusi Numbered Head Together ini perlu dikembangkan agar siswa dapat menemukan jawaban pertanyaan yang diberikan guru sebagai pengetahuan yang utuh melalui diskusi dengan anggota kelompok. Trianto (2007: 62) mengungkapkan pada strategi diskusi Numbered Head Together terdapat empat fase, yaitu:

a. Fase 1 : Penomoran
Pada fase ini siswa dibagi ke dalam kelompok dan kepada setiap anggota kelompok mendapatkan nomor sesuai dengan jumlah anggota kelompok.
b. Fase 2 : Mengajukan pertanyaan
Pada fase ini tiap-tiap kelompok menerima pertanyaan dari guru melalui lembar kerja kelompok.
c. Fase 3 : Berpikir bersama
Siswa menyatukan pendapatnya melalui diskusi dengan anggota kelompoknya untuk menjawab pertanyaan dengan benar yang terdapat pada lembar kerja kelompok yang dibagikan oleh guru.
d. Fase 4 : Menjawab
Guru memanggil suatu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan menjawab pertanyaan.