» » » Jumlah SD di Indonesia Ada 148.361

Jumlah SD di Indonesia Ada 148.361

Beberapa hari yang lalu ada seorang yang tanya berapa di mana di bisa tahu jumlah sekolah setingkat SD se-Indonesia dan dengan rincian masing-masing jumlah SD di suatu Provinsi dan Kabupaten Kota.

Terkait dengan pertanyaan tersebut, sebenarnya Kemendikbud sedang melakukan pendataan sekolah untuk tingkat SD dan SMP. Pasti ada beberapa Bapak Ibu guru beberapa waktu yang lalu disibukkan dengan tugas tambahan untuk menjadi operator aplikasi pendataan. Operator ini kurang lebih tugasnya merekap data mengenai sekolahnya yang terkait sarana prasarana, peserta didik dan tenaga pendidik.

Hasil dari data tersebut, setelah selesai dikirim (upload) di server pusat Kemendikbud. Sehingga terkumpullah data sekolah se-Indonesia, per-Provinsi, per-Kabupaten/Kota, bahkan per-Kecamatan. Untuk melihat jumlah sekolah dan data terkait, bisa dilihat di halaman website http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

Sampai tulisan ini dibuat (07/01/2012), memang belum semua data masuk. Tetapi secara umum jumlah SD, SMP, dan SLB bisa diketahui. Total SD yang ada di Indonesia adalah 148.361, SMP 36.425, dan SLB 2.027, screnshotnya seperti di bawah ini:

Pendataan ini untuk memenuhi seluruh kebutuhan data Kemendikbud sebagai dasar perencanaan dalam pelaksanaan program yang bersifat transaksional dengan Daerah maupun langsung dengan sekolah dan seluruh entitas data Pendidikan seperti : Penyaluran dana BOS, Rehab, Tunjangan Guru, Subsidi siswa miskin.

Sekali lagi, data sampai tulisan ini dibuat belum masuk semua. Anda yang membutuhkan informasi dan data jumlah sekolah pendidikan dasar di Indonesia, bisa memantau di website di atas.



SekolahDasar.Net | 7 Oktober 2012
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA