» » » Infokus Sebagai Media Pembelajaran di SD

Infokus Sebagai Media Pembelajaran di SD

Dalam kegiatan pembelajaran agar materi pembelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya melalui indra pendengaran saja atau melalui metode ceramah saja, tapi juga bisa menggunakan alat peraga yang bisa dinikmati oleh indera penglihatan. Ada banyak macam media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya adalah LCD Proyektor atau infokus.

In-focus atau LCD Proyektor digunakan sebagai perangkat keras (hardware) yang sama fungsinya dengan monitor yang dapat memproyeksikan gambar di monitor ke dinding atau layar (screen) sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Semakin jauh jarak layar dengan LCD proyektor akan semakin besar gambar yang dihasilkan. Infokus sering digunakan untuk presentasi, seminar, pembelajaran di sekolah maupun dikampus, bahkan dapat juga digunakan sebagai sarana menonton bersama karna ukuran gambarnya bisa diperbesar.

Infokus sebagai media pembelajaran di sekolah dasar bertujuan untuk mengenalkan materi secara audio-visual. Infokus telah memberikan dampak yang besar bagi dunia pendidikan. Guru dapat menggunakan infokus sebagai media pembelajaran dengan cara menampilkan materi pelajaran pada layar infokus dengan demikian kegiatan belajar dan mengajar terlihat hidup dan bervariasi.

Media pembelajaran Infokus yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa.

Ruang Lingkup Media Pembelajaran Infokus
Infokus merupakan alat output yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau visual hasil pemrosesan dan data komputer. Infokus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal gambar yang dipancarkan melalui dinding putih, whiteboard ataupun kain atau layar putih yang dibentangkan dan media datar lainnya. Biasanya infokus digunakan untuk memaparkan materi dalam presentasi.

Media pembelajaran adalah segala bentuk teknologi yang digunakan sebagai penghantar ilmu kepada siswa. media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, dan perhatian siswa sehingga interaksi komunikasi antara guru dan siswa dapat berlangsung tepat guna dan berdaya guna. Media pembelajaran ini akan membantu guru dalam mengkomunikasikan materi-materi yang akan diajarkan. Media pembelajaran ini sangat penting bagi setiap proses pembelajaran, kegiatan belajar-mengajar tanpa media pembelajaran akan terlihat monoton, sehingga sebagian besar siswa akan mengalami kebosanan.

Melalui media pembelajaran, siswa akan antusias dalam belajarnya, serta akan menjadikan pembelajaran yang bermakna, menurut Ausubel, bahan subjek yang dipelajari siswa mestilah “bermakna” (meaningfull). Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Struktur kognitif ialah fakta-fakta, konsep-konsep, dan generalisasi-generalisasi yang telah disiswai dan diingat siswa.

Mengapa Media Infokus Pembelajaran Diperlukan?
Ada dua hal mengapa media pembelajaran infokus dipergunaan, pertama karena kebutuhan (demand), seperti yang kita ketahui kehidupan semakin kompleks, sehingga hal-hal yang perlu dipelajari juga menjadi semakin rumit, oleh karna itu proses mempelajarinya juga menjadi semakin rumit. Disini media bisa membantu menyederhanakan konsep yang rumit agar bisa dicerna dengan mudah. Kedua karna ketersediaan media (supply) yang semakin beragam, sebagai akibat kemajuan teknologi disegala bidang contohnya komputer.

Pertanyaan yang sering muncul mengapa media infokus sangat penting dalam sebuah pembelajaran? Kita harus mengetahui dahulu konsep abstrak dan konkrit dalam pembelajaran itu sendiri. Proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi, dimana penyampaian pesan dari seorang pengirim pesan dalam hal ini seorang pengajar pada muridnya atau penerima.

Infokus, guru dan media pembelajaran merupakan suatu satu-kesatuan, dimana satu sama lainnya memiliki hubungan yang tidak bisa terpisahkan. Dalam pembelajaran, seorang guru memerlukan media pembelajaran yang tujuannya membantu agar siswa lebih dapat mengerti akan suatu konsep yang akan diberikan oleh guru. Media pembelajaran yang digunakan guru ini harus sesuai, harus selaras dengan materi apa yang akan di berikan kepada siswa. Media pembelajaran ini beragam, mulai dari yang bersifat audio, visual, dan audio-visual. infokus merupakan salah satu bentuk alat elektronik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru.

*) Selengkapnya tulisan berbentuk Karya Tulis Ilmiah yang dikirim oleh Abu Talha Al, seorang guru SD di SD Negeri 006 Sagulung, Kota Batam bisa dibaca dan diunduh di sini.



SekolahDasar.Net | 28 Maret 2013
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA