» » » Media Pembelajaran Matematika Tsubasa Meter

Media Pembelajaran Matematika Tsubasa Meter

Media Pembelajaran Matematika Tsubasa Meter
Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sebagai mata pelajaran yang berat untuk dipelajari dari tingkatan Sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA). Sampai-sampai mendengar namanya saja anak didik sudah alergi. Apalagi mereka harus mengikuti pelajaran matematika di kelas, materi yang diajarkan guru mustahil dapat diserap baik oleh anak didik.

Sebagaimana diungkapkan Frans Susilo (dalam Abdul Halim Fathani, 2009: 1), bahwa kebanyakan sifat negatif terhadap matematika tersebut timbul karena kesalahpahaman atau pandangan yang keliru terhadap matematika. Sehingga menjadi sebuah pekerjaan penting bagi guru untuk mengubah pandangan tersebut.

Pembelajaran matematika di sekolah dasar biasanya hanya menggunakan pembelajaran konvensional, guru sebagai subjek pusatnya (teacher centre). Hal ini menjadikan pembelajaran matematika tidak menarik dan anak tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran matematika terkesan monoton dan anak hanya menerima transfer ilmu (transfer of knowledge) secara langsung dari gurunya.

Tugas sebagai guru sekolah dasar adalah bagaimana memaksimalkan pembelajaran matematika dengan merancang pembelajaran yang tepat, yaitu rancangan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan serta perkembangan anak didik. Dengan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan serta perkembangan, diharapkan mata pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang disukai oleh peserta didik di sekolah. Seperti yang diungkapkan oleh Sugihartono, dkk, (2008: 60) bahwa pembelajaran matematika hendaknya dilakukan secara efektif, menyenangkan dan bermakna. Idealnya, pembelajaran tersebut mampu merespon kebutuhan individual siswa.

Oleh karena itu, media diharapkan juga menjadi daya tarik bagi siswa SD dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka kami merasa tertarik untuk memperkenalkan sebuah media dalam pembelajaran matematika khususnya bagi sekolah dasar. Media ini adalah “Media Pembelajaran Matematika: Tsubasa Meter (Trik Singkat Ubah Satuan Meter)”.

Tsubasa Meter (Trik Singkat Ubah Satuan Meter) merupakan sebuah media untuk konversi satuan panjang. Media ini terbuat dari bahan-bahan sederhana dan murah seperti; karton, white board kertas, double tape, boarmarker, penggaris dan tali. Bahan-bahan ini tentunya mudah didapat baik untuk guru maupun siswa. Selain dalam ukuran besar, media ini juga dapat dibuat dalam ukuran kecil. Selengkapnya tentang tata penggunaan media ini, bisa Anda baca dan download di sini.



SekolahDasar.Net | 11 Juni 2013
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA