• Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat

    Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat
    Dengan adanya teknologi, khususnya komputer atau laptop seharusnya mengajarkan matematika bisa lebih menyenangkan dan mudah. Apalagi saat ini hampir setiap guru atau sekolah memiliki laptop untuk menunjang kegiatan belajar mengajarnya. Salah satu program yang bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran adalah program Power Point.

    Untuk membatu siswa dalam mempelajari matematika materi operasi bilangan bulat, ada beberapa media (alat peraga) matematika yang bisa digunakan diantaranya: Mistar hitung, yaitu alat bantu untuk menghitung penjumlahan pada bilangan bulat yang dapat dibuat sendiri dari kertas karton.

    Mistar hitung yang akan digunakan terdiri dari dua buah mistar dengan skala yang sama dan terdiri dari bilangan bulat, yaitu bilangan bulat negatif, nol dan bilangan bulat positif. Contoh penggunaan mistar hitung untuk penjumlahan bilangan bulat:

    8 + (-3) = ...
    Pasangkan bilangan 8 pada mistar bawah dengan bilangan 0 pada mistar atas, lalu lihat bilangan -3 pada mistar atas ternyata berpasangan dengan bilangan 5 pada mistar bawah,sehingga 8 + (-3) = 5


    Kedua, untuk mengajarkan operasi hitung penjumlahan dan penguarangan pada bilangan bulat dapat menggunakan alat bantu berupa garis bilangan. Nah, media pembelajaran Matematika yang SekolahDasar.Net bagi ini menggunakan garis bilangan ditampilkan dengan program Power Point dengan animasi yang menarik, download di tautan berikut ini:


    Jangan lupa bagikan tulisan ini, jika Bapak Ibu punya pengalaman dengan penggunaan media pembelajaran matematika untuk materi Operasi Hitung Bilangan Bulat, tulis saja di kolom komentar.

    SekolahDasar.Net | 29/08/13 | #Matematika SD #Media Pembelajaran

    Ketik email Anda:

KOMENTARI Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Informasi Terbaru

Trending Konten