• Cara Backup Data di Aplikasi Dapodikdas 2013

    Cara backup dan cara merestor (mengembalikan data) Dapodikdas.
    Cara backup dan cara merestor (mengembalikan data) Dapodikdas.
    Pada Aplikasi Dapodikdas 2013 berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi terbaru ini tidak disediakan fitur untuk membackup file data. Salah satu kelemahannya adalah semisal, jika komputer / laptop rusak atau terkena virus menyebabkan data hilang dan harus mengentri ulang semua data ke Aplikasi Dapodikdas 2013.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, seorang operator sekolah, Darda A. Manaf di Grup Info Pendataan Ditjen Dikdas berbagi pengalamannya cara membackup data di Aplikasi Dapodikdas 2013. Berikut tutorial yang SekolahDasar.Net kutip dari file yang telah diunggahnya di grup facebook resmi Data Pokok Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud.

    Untuk membahas masalah ini biar tidak mengalami kebingungan akan dibagi pembahasan ini menjadi 2 bagian yaitu cara backup dan cara merestor (mengembalikan data), jadi harap baca dengan sabar dan maaf kalau loadingnya menjadi sedikit lama karena didalam artikel ini berisi gambar-gambar.

    Pembahasan Pertama: Cara Backup Data Dapodikdas
    1. Anda tekan tombol windows bersamaan dengan tombol R (W+R)
    2. Setelah Anda menekan tombol windows bersamaan dengan tombol R selanjutnya akan muncul tab search. Pada kolom search tab tersebut anda ketikkan "services.msc" lalu klik OK




    3. Setelah anda klik OK, maka selanjutnya akan muncul tab services,
    Coba Anda cari file bertuliskan Dapodikdas.DB dan DapodikdasWebSrv kemudian klik, lalu hentikan aktivitas kedua file tersebut dengan mengklik tombol Stop.
    Dapodikdas.DB => klik stop
    DapodikdasWebSrv => klik stop


    4. Setelah Anda mengklik stop (menghentikan aktifitas) kedua file tersebut, Anda masuk ke sistem C => Program file => Dapodikdas. Lalu Anda Copy folder Dataweb dan Data base kemudian paste / simpan kedua folder itu ke flasdisk atau sistem D maupun E.


    5. Untuk ini tahap Backup Anda sudah selesai.

    Pembahasan Kedua: Cara Restor Data di Dapodikdas
    Setelah anda membackup data seperti cara diatas selanjutnya Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikan data Dapodikdas yang sudah kita backup tersebut. Silahkan ikuti langkah-langkahnya

    1. Klik tombol windows + R lalu pada kotak search ketikkan "services.msc". Kemudian matikan dua file DapodikdasDB dan DapodikdasSrv dengan mengklik tombol stop. (Lihat cara 1, 2 dan 3 dipembahasan Cara membackup dapodikdas diatas).

    2. Setelah Anda menghentikan aktivitas dua file DapodikdasDB dan DapodikdasSrv, lalu anda buka kembali hasil backup dapodikdas anda (yaitu folder database dan dataweb di flasdiks) lalu pastekan kedua folder tersebut di Sistem C => Program file => Dapodikdas


    3. Setelah Anda melakukan tahap 2 diatas, selanjutnya Anda jalankan kembali dua file DapodikdasDB dan DapodikdasSrv, caranya yaitu:
    Klik tombol windows + R lalu pada kotak search ketikkan "services.msc", kemudian hidupkan dua file DapodikdasDB dan DapodikdasSrv dengan mengklik tombol "Star atau play atau tergantung masing-masing windows yang Anda gunakan. Intinya kedua file DapodikdasDB dan DapodikdasSrv itu dijalankan  atau diaktifkan kembali.


    4. Sekarang coba login di Aplikasi Dapodikdas Anda dan lihat hasilnya.

    SekolahDasar.Net | 15/11/13 | #Dapodik #Pendataan #Tutorial

    Ketik Email Anda Untuk:

KOMENTARI Cara Backup Data di Aplikasi Dapodikdas 2013

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Baca Informasi Terbaru

Informasi Terhangat Hari Ini