» » » » Materi Ujian Sekolah SD Memakai Kurikulum Lama

Materi Ujian Sekolah SD Memakai Kurikulum Lama

Bahan Ujian Sekolah untuk SD masih berdasar materi kurikum lama.
Bahan Ujian Sekolah untuk SD masih berdasar materi kurikulum lama.
Materi Ujian Sekolah pengganti Ujian Nasional (UN) untuk SD masih memakai materi kurikulum lama, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Hal ini dikatakan oleh Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud Ramon Mohandas di Jakarta.

“Materi Ujian Sekolah bagi siswa SD ini, masih menggunakan materi dari kurikulum lama. Materi Kurikulum 2013 belum diujiankan dalam Ujian Sekolah ini,” kata Ramon yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (23/02/2014).

Materi Ujian Sekolah untuk SD masih berdasar materi kurikum lama. Sebab sebagian besar siswa selama ini masih belajar menggunakan materi kurikulum lama meskipun secara bertahap telah diperkenalkan Kurikulum 2013.

Saat ini Kurikulum 2013 baru diberikan pada siswa kelas 1 dan 4 SD dan yang menggunakan masih terbatas. Tahun berikutnya Kurikulum baru ini digunakan untuk kelas 2 dan kelas 5 SD. Baru terakhir kelas 3, dan 6 SD. Penerapan Kurikulum 2013 ini dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu tiga tahun

Menurut Ramon, penerapan Kurikulum 2013 kepada SD ini tidak dilakukan serentak. Namun dilakukan secara bertahap karena jika guru-guru dilatih semua secara serentak tidak mungkin sebab guru SD itu jumlahnya banyak sekali.

“Sebenarnya bahan-bahan Ujian Sekolah untuk SD, bahan Ujian Nasional (UN) untuk SMP dan SMA, bahan-bahannya masih berdasar materi kurikum lama. Sebab siswa selama ini masih belajar menggunakan materi kurikulum lama,” kata Ramon.

Untuk menentukan standardisasi Ujian Sekolah, sebanyak 25 persen soal Ujian Sekolah dibuat dari pusat. Sedangkan sebanyak 75 persen soal Ujian Sekolah dibuat oleh masing-masing sekolah.

Guru-guru SD yang membuat soal Ujian Sekolah, sudah mendapatkan pelatihan rutin dalam pembuatan soal agar memenuhi standardisasi. Pelatihan para guru tersebut dilakukan oleh pusat penilaian pendidikan di balitbang Kemdikbud bersama BNSP.



SekolahDasar.Net | 23 Februari 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA