» » » Panduan Teknis Penilaian Kurikulum 2013 di SD

Panduan Teknis Penilaian Kurikulum 2013 di SD

Sasaran utama pengguna pedoman teknis penilaian di SD ini adalah guru.
Sasaran utama pengguna pedoman teknis penilaian di SD ini adalah guru.
Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melakukan penyusunan Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar (SD) sesuai visi dan misi Kurikulum 2013.

Panduan tersebut disusun sebagai Panduan Teknis atau acuan bagi guru, kepala sekolah, pengawas, dan para pembina pada Dinas Pendidikan, serta orangtua dan masyarakat dalam melaksanakan, membina, dan memfasilitasi implementasi Kurikulum 2013 di SD.

Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran berbasis aktivitas, penilainnya lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selengkapnya Buku Panduan Teknis Penilaian di SD sesuai Kurikulum 2013 dapat didownload di link berikut ini:


Penilaian Kurikulum 2013 sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.

Panduan Teknis Penilaian di SD sesuai Kurikulum 2013 mencakup substansi sebagai berikut: (1.) Pengertian, karakteristik, dan teknik Penilaian Kelas sebagai landasan bagi guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengolah, serta melaporkan hasil penilaian pembelajaran, (2.) Instrumen penilaian, (3.) Pelaksanaan penilaian.



SekolahDasar.Net | 17 Maret 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA