Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Pengolah Nilai Pada Kurikulum 2013

Program pengolah penilian kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar.
Program pengolah penilian kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar.
Penilaian pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) sedikit berbeda dengan penilaian dengan kurikulum sebelumnya. Sesuai dengan Panduan Teknis Penilaian di SD, Kurikulum 2013 lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan tersebut menggunakan skala 1–4 (kelipatan 0.33), yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A – D sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K). Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada kompetensi pengetahuan adalah 2.67 (B-).

Pendekatan penilaian Kurikulum 2013 menggunakan tema, bukan pendekatan Kompetensi Dasar. Sesuai dengan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan tematik. Melalui blognya, Totok Yulianto mencoba menjabarkan penilaian Kurikulum 2013 itu ke dalam software yang dapat didownload melalui link berikut ini:


Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada Kurikulum 2013 mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.