» » » Guru Juga Harus Mendapat Pendidikan Karakter

Guru Juga Harus Mendapat Pendidikan Karakter

Guru harus harus dididik karakternya terlebih dahulu sebelum mengajarkannya.
Guru harus dididik karakternya terlebih dahulu sebelum mengajarkannya.
Belakangan ini marak didengung-dengungkan pendidikan karakter harus diberikan kepada siswa serta sekolah harus menerapkannya. Tetapi di sisi lain, sebenarnya guru harus juga mendapatkan pendidikan karakter.

Pendapat tersebut disampaikan mantan Ketua Dewan Pendidikan Kota Surakarta (DPKS) Ichwan Dardiri. Menurutnya sebelum pendidikan karakter diberikan kepada siswa, guru harus terlebih dahulu mendapatkan pendidikan karakter.

“Justru sebelum muridnya, guru seharusnya terlebih dahulu diberi pendidikan karakter,” kata Ichwan yang SekolahDasar.Net kutip dari Timlo.net (24/05/14).

Pendidikan karakter juga perlu diberikan kepada guru agar karakter bisa mengendap di pikirannya, juga bisa merasuk jiwa, serta perilakunya. Sehingga guru bisa mendidik karakter para siswa setelah karakternya dididik terlebih dahulu.

Upaya mencegah kekerasan fisik, kekerasan seksual, dan sebagainya yang marak terjadi di lingkungan sekolah tidak cukup hanya dengan mengubah kurikulum. Menurut Ichwan, untuk mengatasi hal tersebut harus dilakukan secara komprehensif.

Semua yang terlibat di sekolah harus memiliki karakter yang bagus. Tidak hanya siswa, tetapi juga guru dan kepala sekolah, termasuk tenaga administrasi sekolah. Selain itu, juga orang tua juga harus menanamkan pendidikan karakter untuk mencegah kemerosotan karakter pada anaknya.



SekolahDasar.Net | 24 Mei 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA