» » » LPMP Latih Instruktur Nasional Kurikulum 2013

LPMP Latih Instruktur Nasional Kurikulum 2013

Pelatihan Instruktur Nasional (IN) Kurikulum 2013 untuk guru SD.
Pelatihan Instruktur Nasional (IN) Kurikulum 2013 untuk guru SD.
Kendari (28/5) - Pelatihan Instruktur Nasional (IN) Kurikulum 2013 untuk guru SD kelas II dan kelas V dari 14 Kabupaten/Kota dilaksanakan 28 Mei s.d 3 Juni 2014 di LPMP Provinsi Sultra Jl. D.I Panjaitan No. 83 Kendari yang diikuti sebanyak 120 peserta. Adapun pesertanya terdiri dari kepala sekolah, guru, dan pengawas. Narasumber kegiatan ini dari unsur widyaiswara LPMP Sultra.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pada guru agar mampu mengimplementasikan kurikulum 2013 secara efektif dan efisien mulai dari mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada kurikulum 2013,” tukas ketua panitia Albert Tigor, M.Pd.

Selanjutnya menurut Tigor, guru yang lulus IN nantinya memiliki kompetensi untuk menjadi IN kurikulum 2013 bagi guru sasaran di kab/kota masing-masing.

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) LPMP Prov. Sultra yang sekaligus membuka kegiatan ini, Drs. La Maja, M.Pd, mengatakan bahwa penilaian IN ini sangat ketat walaupun lulus portofolio pada sertifikasi namun belum tentu lulus diklat IN.

“Diklat kurikulum ini dilaksanakan selama 76 Jam Pelajaran (JP) dan guru yang lulus IN akan menatar guru-guru yang ada di lingkungannya, dimana pesertanya sudah ditentukan dan tempat pelaksanaannya di sekolah,” ujar La Maja.

Selanjutnya La Maja mengatakan, informasi kurikulum 2013 ini harus sudah sampai ke guru-guru bulan Juli 2014 diantaranya seperti penyusunan Rancangan Proses Pembelajaran (RPP), penilaian, dan bedah buku karena kurikulum 2013 akan diimplementasikan di tahun ajaran baru.

La Maja juga menekankan hal penting yang perlu diperhatikan dalam kegiatan diklat ini dan juga menjadi salah satu penilaian yaitu kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.

Dalam mengakhiri sambutannya La Maja mengatakan agar tata tertib pelaksanaan kegiatan ini menjadi perhatian. (Susiana-publikasi LPMP).



SekolahDasar.Net | 29 Mei 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA