» » » » PGSD Masuk 5 Jurusan Kuliah yang Paling Diminati

PGSD Masuk 5 Jurusan Kuliah yang Paling Diminati

Pendidikan guru menjadi favorit karena adanya tunjangan sertifikasi guru?
Pendidikan guru menjadi favorit karena adanya tunjangan sertifikasi guru?
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) masuk dalam 5 program studi yang paling diminati. Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menempatkan PGSD di posisi 4 jurusan kuliah dengan peminat terbanyak dengan 81.181 peserta ujian.

Berikut ini daftar 5 besar jurusan kuliah dengan peminat terbanyak:
1. Manajemen, 144.374 peminat
2. Akuntansi, 110.851 peminat
3. Teknik Informatika/Ilmu Komputer, 97.775 peminat
4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 81.181 peminat
5. Hukum/Ilmu Hukum, 70.310 peminat

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, pendidikan guru menjadi favorit pada SNMPTN 2014 salah satunya karena adanya tunjangan sertifikasi guru. "Karena guru itu mendapatkan tunjangan, yaitu satu kali gaji," kata Retno.

Peminat pendidikan guru menurut Retno adalah siswa lulusan SMA dengan kecerdasannya rata-rata atau menengah. Mereka menganggap akan lebih mudah bersaing untuk masuk perguruan tinggi yang mencetak tenaga pendidik, semisal UNJ yang bukan PTN unggulan.

Kebanyakan siswa yang kecerdasannya di atas rata-rata memilih universitas yang terkemuka. "Anak-anak yang pintar enggak mau masuk UNJ, yang menengah biasanya ke UNJ. Paling banyak UI, Unpad, ITB, Undip," imbuh Retno yang SekolahDasar.Net kutip dari Kompas (28/05/2014).



SekolahDasar.Net | 28 Mei 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA