» » » » Dari 1,6 Juta Guru SD, 512 Ribu Adalah Honorer

Dari 1,6 Juta Guru SD, 512 Ribu Adalah Honorer

Dari 1,6 juta guru SD, sekitar 512 ribu adalah guru honorer yang tidak diketahui kualifikasinya.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik), persoalan guru masih menjadi masalah menonjol. Persoalan pertama terkait jumlah guru, secara nasional jumlah guru SD sudah mencukupi. Namun, dari 1,6 juta guru SD, sekitar 512 ribu adalah guru honorer.

“Masalah ketersediaan guru menjadi sangat penting. Kita sudah tahu, dalam beberapa kali pertemuan, ada guru berlebih di satu tempat dan ada yang kurang di tempat lain,” ujar Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (11/12/14).

Persoalan berikutnya terkait guru adalah kualifikasi guru. Sampai dengan Desember 2014, baru 62% dari jumlah guru SD yang berkualifikasi sebagaimana dipersyaratkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sesuai dengan UU tersebut guru harus S-1.

Meskipunpun berkualifikasi S-1, namun kompetensi guru tidak serta merta mengikuti kualifikasinya. Inilah persoalan yang dihadapi Kementerian. Guru honorer yang mengisi kekurangan guru juga tidak diketahui kualifikasinya, pasalnya mereka diangkat oleh sekolah.



SekolahDasar.Net | 25 Desember 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA