» » » » Mendikbud: Kesejahteraan PNS Perlu Ditingkatkan

Mendikbud: Kesejahteraan PNS Perlu Ditingkatkan

Peningkatan kesejahteraan sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
Untuk meningkatkan pelayanan birokrasi di bidang pendidikan dan kebudayaan, peningkatan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus direalisasikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, ini sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

“Dengan peningkatan kesejahteraan, maka pelayanan birokrasi pendidikan dan kebudayaan harus dapat terwujud sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Anies yang SekolahDasar.Net kutip dari kemdikbud.go.id (28/12/14).

PNS harus memiliki komitmen kuat dalam memberikan pelayanan yang optimal, mereka mempunyai peran penting dalam memajukan dunia pendidikan. Sebagai bagian dari struktur birokrasi, kinerjanya berpengaruh pada instrumen lain. Jika tidak bekerja maksimal dapat menyebabkan kemunduran dunia pendidikan.

Menurutnya, ketika semua pihak menginginkan pelayanan birokrasi baik, sementara, pegawai harus hidup dengan tingkat kesejahteraan yang terbilang kurang. “Kalau hanya komitmen saja tanpa aksi, maka pelayanan birokrasi pendidikan yang baik tidak akan dapat terwujud,” kata Anies.

Selain persoalan kesejahteraan, kesadaran PNS sebagai abdi negara juga perlu dibangun. Menurut menteri lulus UGM ini, saat kesejahteraan pegawai mulai terwujud, maka yang perlu dilakukan adalah pengawasan. Hal ini untuk mencegah penyimpangan dalam proses pengambilan keputusan.

Sebelumnya, Anies juga menyatakan perlunya peningkatan kesejahteraan bagi guru sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan peningkatan kesejahteraan itu akan dibarengi dengan peningkatan kompetensi guru. Sehingga target tahapan pengembangan pendidikan nasional akan terwujud.



SekolahDasar.Net | 28 Desember 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA