» » » » » Guru SD Bukan S1 PGSD Tak Perlu Sertifikasi Ulang

Guru SD Bukan S1 PGSD Tak Perlu Sertifikasi Ulang

Linieritas Kualifikasi S-1/D-IV dengan bidang studi sertifikasi
Linieritas kualifikasi S-1/D-IV dengan bidang studi sertifikasi (sumber: Buku Pedoman Sergur 2015).
Bagi guru kelas SD yang bukan lulusan S1 PGSD dan sudah sertifikasi tidak perlu sertifikasi ulang jika S1-nya masih dianggap linier. Selain S1 PGSD, sertifikasi guru kelas SD linier dengan S1 Psikologi, IPA/IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia, Biologi, PPKn, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Sesuai dengan Buku Pedoman Sertifikasi Guru 2015 yang dikeluarkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK-PMP), yang memiliki ijazah S1 di atas dapat mengikuti sertifikasi guru kelas SD.

Guru yang tidak linier antara ijazah dengan sertifikat pendidiknya diwajibkan sertifikasi ulang. Linier yang dimaksudkan adalah kesesuaian antara bidang studi pada ijasah S1 dengan bidang studi sertifikasi guru. Jika tidak, akan berpengaruh pada tunjangan profesi yang diterimanya.

Bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru 2015 harus hati-hati saat menentukan pilihan bidang studi sertifikasi. Sedangkan bagi guru yang tidak linier antara ijazah dengan sertifikat pendidiknya segera lapor dinas pendidikan kab/kota untuk mengikuti sertifikasi ulang (kedua).



SekolahDasar.Net | 22 Januari 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA