» » » » Kemendikbud Akan Merekrut Ratusan Ribu Guru

Kemendikbud Akan Merekrut Ratusan Ribu Guru

Kemendikbud Akan Merekrut Ratusan Ribu Guru
Kemendikbud akan merekrut ratusan ribu guru baru karena sebanyak 252.843 guru masuk batas usia pensiun dalam kurun waktu 2015-2019.
Untuk memenuhi kebutuhan guru akibat banyaknya guru yang masuk batas usia pensiun (BUP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merekrut ratusan ribu tenaga guru baru.

Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK) Kemendikbud Syawal Gultom mengatakan, Kemendikbud guru merupakan kunci utama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

"Karena itu Kemendikbud perlu merekrut guru baru untuk menggantikan guru yang pensiun tersebut," kata Syawal yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (01/04/2015).

Menurutnya masih banyak masalah terkait guru yang terungkap di berbagai daerah. Misalnya, ada daerah yang justru kelebihan jumlah guru di semua jenjang. Tapi ada juga yang kekurangan guru PNS dan guru tetap yayasan.

Baca juga: Ledakan Pensiun Guru SD Terjadi Sampai 2020

Berdasarkan data Kemendikbud, sebanyak 252.843 guru akan masuk batas usia pensiun dalam kurun waktu 2015-2019. Nantinya guru baru hasil rekrutmen ini akan disebarkan secara merata untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik.

"Akar dari permasalahan ini sebenarnya ada pada distribusi pegawai. Guru yang masih belum terdistribusi dengan baik, berakibat pada kesulitan pemenuhan jam mengajar. Nah ini akan kami ubah agar penyebaran guru bisa merata," tegas Syawal.



SekolahDasar.Net | 1 April 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA