Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal UKG 2015 Sesuai Kisi-Kisi dan Pembahasannya

Soal UKG 2015 Sesuai Kisi-Kisi dan Pembahasannya
Soal-soal UKG yang sesuai kisi-kisi dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya.
Kemendikbud kembali menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diikuti oleh seluruh guru, baik PNS maupun non PNS, yang sudah sertifikasi maupun belum. Semua guru yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) wajib mengikuti UKG.

Baca juga: Soal-soal Latihan UKG 2015 dan Kunci Jawabannya

Kisi-kisi materi UKG 2015 telah dirilis Kemendikbud, kisi-kisi soal UKG diberikan sesuai dengan bidang studi tertentu yang diikuti guru dan jenjang pendidikan. Kisi-kisi ini memberi gambaran kepada peserta tentang soal-soal yang akan di ujikan dalam UKG 2015.

Pada UKG tahun ini ada 2 aspek materi yang akan diujikan, yaitu Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Berikut adalah contoh soal yang dapat digunakan untuk latihan UKG 2015 dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya:

Contoh Soal UKG 2015 Sesuai Kisi-Kisi dan Pembahasannya
14 KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi
Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut, kecuali ...
a. menjawab pertanyaan
b. membuat kalimat
c. subtitusi
d. persuasi
Uraian:
Teknik menyusun cerita dapat dilakukan dengan: menjawab pertanyaan, melengkapi kalimat memperbaiki susunan kalimat, memperluas kalimat, subtitusi, transfomtasi dan membuat kalimat. * Persuasi adalah bujukan halus

15 KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi
Model pembelajaran menulis cerita/cerpen di SD meliputi hal-hal berikut, kecuali ...
a. Menceritakan gambar
b. Melanjutkan cerita
c. Menceritakan pengalaman
d. Mendeskripsikan cerita
Uraian:
Model pembelajaran menulis cerita/cerpen di SD meliputi: menceritakan gambar, melanjutkan ceria lain, menceitakan mimpi, menceritakan pengalaman, dan menceritakan cita-cita.

Untuk mendapatkan hasil maksimal saat UKG yang dilaksankan 9 sampai 27 November mendatang, guru harus lebih banyak mengerjakan soal-soal UKG yang sesuai kisi-kisi dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya. Soal UKG 2015 sesuai kisi-kisi dan pembahasannya dapat didownload di tautan berikut ini:


Kemendikbud telah menyiapkan 200 paket soal untuk UKG. Selama 120 menit guru mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 60-100 soal. Dalam satu hari, terdapat tiga gelombang UKG. Setelah UKG, akan dilakukan pendidikan dan pelatihan bagi guru.