Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Kiat Membuat Siswa Semangat dalam Belajar

4 Kiat Membuat Semangat Siswa dalam Belajar
Guru harus mampu membuat siswa semangat dalam pembelajaran, supaya siswa mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagai seorang guru kita harus mampu membuat siswa semangat dalam pembelajaran, supaya siswa mendapatkan hasil yang maksimal dan apa yang menjadi harapan seorang guru.

Baca juga: Cara Memotivasi Anak SD Semangat untuk Belajar

Pertama, seorang guru hendaklah mampu memberikan senyuman pada saat pembelajaran, karena tersenyum menjadikan seorang guru yang ceria, semangat dan enerjik, sehingga akan menjadi kesan terbaik terhadap siswa sehingga dapat membuat siswa bahagia, senang, dan juga senyum itu akan membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran. Sekarang senyum “sangat mahal”, bagi seorang guru, masuk kelas guru tak pernah senyum, dengan wajah tanpa ekspresi guru mulai mengajar yang mengakibatkan siswa dengan muka tegang menerima pembelajaran.

Kedua, berikan kepercayaan kepada siswa, karena untuk membina suatu hubungan adalah dengan landasan kepercayaan, seorang guru harus percaya dengan muridnya dan sebaliknya, siswa harus mampu percaya dengan dirinya, apabila kedua belah pihak sudah masing-masing percaya maka timbullah keyakinan seorang siswa bahwa saya mampu menerima dan menjalankan pembelajaran hari ini.

Ketiga, berikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan siswa, tanggung jawab identik dengan beban, beban yang ditanggung siswa adalah mampu ia laksananakan bukan beban yang terasa disiswa menjadi siksaan sehingga itulah yang menjadikan kata ”malas”. Apabila siswa bertanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran tanpa beban maka akan timbullah semangat belajar.

Keempat, berikan siswa kesempatan untuk berbuat, kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus diberikan kepada siswa dengan diberikan kesempatan siswa mampu mengembangkan kemampuan diri. Tanpa kesempatan yang diberikan tidak mungkin siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu bila kesempatan belum muncul dalam diri siswa seorang guru harus mampu membimbing siswa dalam menciptakan kesempatan, bahkan dalam kesulitan apapun siswa harus diberikan kesempatan untuk menciptakan semangat belajar.

*) Ditulis oleh Yasrizal, Guru kelas 5 SDN 002 Nongsa Kota Batam