» » » » Inilah Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Inilah Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 [klik gambar untuk memperbesar).
Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada bulan November 2015 yang lalu mulai dipublikasikan. Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, rata-rata nilai UKG nasional masih di bawah standar.

Baca juga: PGRI Keberatan Hasil UKG 2015 Dipublikasikan

"Rata-rata UKG nasional 53,02, sedangkan pemerintah menargetkan rata-rata nilai di angka 55. Selain itu, rerata nilai profesional 54,77, sedangkan nilai rata-rata kompetensi pendagogik 48,94," kata Anies yang SekolahDasar.Net kutip dari Okezone (04/01/16).

Berdasarkan hasil UKG tahun 2015 yang dipublikasikan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, hanya ada 7 provinsi yang rata-rata nilai UKG-nya di atas target pemerintah, yaitu Yogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat dan Bangka Belitung.

Rapor hasil UKG tahun 2015 secara lebih lengkap akan dibagikan ke sekolah pada pertengahan Januari 2016. Sedangkan pelatihan bagi para guru yang nilainya masih di bawah standar direncanakan dilakukan pada Mei 2016.

Setiap guru akan mendapatkan rapor yang di dalamnya terdapat data guru beserta 10 komponen penilaian. Komponen yang masih berwarna merah menandakan guru itu perlu mendapatkan pelatihan di bidang tersebut.

"UKG seperti bercermin. Dari hasil itu akan diperbaiki untuk meningkatkan kinerja guru. Pengembangan pelatihan dilakukan sesuai dengan kebutuhan guru," kata Anies saat acara Kilasan Kinerja Setahun Kemendikbud.



SekolahDasar.Net | 4 Januari 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA