Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MenPAN-RB: Tidak Ada Penerimaan CPNS Tahun Ini

Tahun ini tidak ada penerimaan CPNS dari jalur umum. Moratorium CPNS-nya kan diperpanjang sampai tahun ini.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menyatakan pada tahun 2016 ini tidak menyelenggarakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum.

"Tahun ini tidak ada penerimaan CPNS dari jalur umum. Moratorium CPNS-nya kan diperpanjang sampai tahun ini," kata Yuddy yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (03/01/16).

Penerimaan CPNS tahun 2016 hanya diperuntukkan bagi sekolah kedinasan saja, seperti: IPDN, STAN, Sekolah Ilmu Statistik, Sekolah Intelijen Negara, sekolah milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

"Jadi kalau ada info yang menyatakan ada penerimaan CPNS dari jalur umum itu bohong. Saya tegaskan, tidak ada penerimaan CPNS umum tahun ini. Yang ada hanya lulusan sekolah kedinasan saja," jelas Yuddy.

Baca juga: Tes CPNS Ditunda, Indonesia Bakal Krisis Guru SD

Moratorium penerimaan CPNS tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah mengurangi sejuta PNS‎ secara bertahap sampai 2019. Pemerintah bertekad, belanja aparatur di APBN hanya sekitar 30 persen, sehingga bisa dialihkan untuk pembangunan infrastruktur.