» » » » Agar Kurikulum SD Lebih Mudah, Ini Solusi Anies

Agar Kurikulum SD Lebih Mudah, Ini Solusi Anies

Agar Kurikulum SD Lebih Mudah, Ini Solusi Anies
Kemendikbud nantinya tidak akan mengunci pembuatan silabus.
Banyak orang tua siswa Sekolah Dasar (SD) mengeluhkan kurikulum yang terlalu berat bagi anaknya. Mulai dari pelajaran yang dinilai sulit bagi siswa sampai bawaan tas yang berat dengan buku-buku. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan memberikan solusi terkait hal tersebut.

Baca juga: Pada Tahun 2019 Seluruh Sekolah Terapkan K-13

"Saat ini pusat menentukan kompetensi apa saja yang harus terpenuhi, perannya lalu sekolah sekolah saling belajar dari sama lain, mengambil intisari dari banyak tempat kemudian mereka menyusun sendiri," kata Anies yang SekolahDasar.Net kutip dari detikcom (19/04/2016).

Menurutnya, ini perlu dilakukan untuk memacu kreativitas para guru dalam menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah dan murid yang diajarkan di sekolah tersebut. Pemberian kebebasan ini juga terkait keanekaragaman yang telah terbentuk di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

Anies mengatakan banyak guru yang kreatif tetapi masalahnya banyak yang bilang, kalau mereka berbeda mereka melanggar aturan akhirnya dikerjakannya diam diam. Sekarang guru akan diberi ruang, Kemendikbud nantinya tidak akan mengunci pembuatan silabus.

"Kurikulum, silabusnya diberikan ke sekolah agar keanekaragamannya bisa terjadi. Kita tidak mengunci silabus, kita berikan contoh dan standar kompetensi dasar tapi selebihnya kita serahkan guru dan elemen sekolah lainnya di seluruh Indonesia," kata Anies.


SekolahDasar.Net | 19 April 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA