Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Usia Ideal Anak Untuk Masuk SD Tujuh Tahun

Usia Ideal Anak Untuk Masuk SD Tujuh Tahun

Usia ideal anak untuk masuk Sekolah Dasar (SD) yaitu tujuh tahun. Pada masa itu anak dinilai sudah siap secara fisik dan psikologis. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumatra Selatan, Widodo.

"Sebenarnya usia ideal masuk SD adalah tujuh tahun, beberapa negara di ASEAN dan Eropa juga menerapkan hal itu atas pertimbangan kesiapan psikologis anak," kata Widodo yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (23/05/16).

Baca juga: Bukan Ijazah TK, Usia Syarat Utama Masuk SD

Namun, dia mengatakan Indonesia memiliki kebijakan bahwa usia lima tahun delapan bulan sudah bisa. Ketentuan usia minimal lima tahun delapan bulan ini bukan berlaku mutlak, tapi harus disesuaikan dengan kuota sekolah bersangkutan.

Hal ini terkait dengan ketentuan pemerintah yang mengharuskan untuk mendahulukan anak usia enam tahun ke atas. Dia mencontohkan, jika kuota 10 tapi yang daftar baru 8 anak, tentunya boleh saja menerima anak usia lima tahun delapan bulan.

Para orangtua diharapkan dapat memahami keadaan ini mengingat terdapat keterbatasan jumlah sekolah di beberapa tempat. Namun, jika ketentuan ini tidak berlaku dengan baik, maka diharapkan masyarakat untuk melapor ke dinas setempat.

"Jika ada anak usia enam tahun ke atas tidak diterima, sedangkan ada anak usia yang dibawahnya justru diterima, maka laporkan saja," kata Widodo.