» » » » Anak yang Memiliki Banyak Buku Cenderung Sukses

Anak yang Memiliki Banyak Buku Cenderung Sukses

Anak yang Memiliki Banyak Buku Cenderung Sukses

Anak-anak yang sejak dini dibiasakan dengan lingkungan banyak buku akan tumbuh dengan karier yang sukses di kemudian hari. Ini merupakan hasil kesimpulan penelitian yang dipublikasikan pada Economic Journal.

Baca juga: 4 Cara Membuat Anak Gemar Membaca

Seperti yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (05/06/16), penelitian ini dilakukan tiga orang ekonom dari University of Padua. Giorgio Brunello, Guglielmo Weber, dan Christoph Weiss. Dengan responden enam ribu pria dari sembilan negara di Benua Eropa.

Berdasarkan apakah mereka memiliki kurang dari 10 buku di rumah mereka, rak buku, lemari yang muat sekitar 100 buku, dua lemari buku, atau lebih dari dua lemari buku. Aspek pendidikan juga menjadi salah satu kriteria.

“Sementara sejumlah orang di kawasan perdesaan paling dipengaruhi oleh reformasi (pendidikan formal pada periode abad tersebut), sejumlah orang lainnya dengan banyak buku kepunyaan menikmati penghasilan yang lebih tinggi,” tulis kutipan penelitian itu.

Tambahan beberapa tahun sekolah juga diketahui meningkatkan penghasilan mereka ketika dewasa, hingga sembilan persen. Kemudian, mereka yang memiliki buku lebih sedikit, hanya menikmati kenaikan penghasilan sebesar lima persen selama hidupnya. Untuk mereka yang memiliki buku lebih banyak, peningkatan penghasilan bisa mencapai 21 persen.

Mereka yang memiliki akses lebih luas terhadap buku akan lebih mendapatkan kesempatan luas untuk meningkatkan penghasilan pribadi dibandingkan dengan mereka yang memiliki lebih sedikit buku.

Lingkungan dengan banyak buku akan memengaruhi anak-anak untuk lebih banyak meluangkan waktu membaca. Dan dengan membaca, prestasi anak di sekolah bisa semakin meningkat.



SekolahDasar.Net | 5 Juni 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA