Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pencairan Tunjangan Guru Dipercepat Sebelum Lebaran

Pencairan Tunjangan Guru Dipercepat Sebelum Lebaran
 Tunjangan Profesi Guru (TPG) akhir Juni atau sebelum lebaran Idul Fitri bisa dicairkan.
Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi guru bukan Pegawai Negeri Sipil (non-PNS) trwiulan kedua tahun 2016 dipercepat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjanjikan akhir Juni atau sebelum lebaran Idul Fitri bisa dicairkan.

“Sebelum Idul Fitri, yang dikelola teman-teman di pusat sudah cair,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (21/05/2016).

Pria yang biasa disapa Pranata ini mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Surat Perintah Membayar (SPM) untuk pembayaraan TPG triwulan kedua, yakni TPG untuk bulan April, Mei dan Juni.

Pada dasarnya pembayaran TPG triwulan kedua dibayarkan setiap Juli. Namun, pencairannya ditarik lebih awal mengingat akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri pada awal Juli. Dengan demikian diharapkan sebelum merayakan lebaran, dana tersebut sudah masuk ke rekening guru.

Baca juga: TPG Sudah Cair, Jika Belum Menerima Lakukan Ini

“Kami juga mengimbau dinas-dinas kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk segera mengeksekusi tunjangan profesi triwulan kedua,” kata Pranata.

Tahun ini pemerintah telah menyediakan Rp 4,949 miliar. Untuk tahun ini, terdapat 207.596 guru non PNS di seluruh daerah yang memperoleh TPG.