Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mendikbud Anjurkan Sekolah Terapkan Full Day School

Mendikbud Anjurkan Sekolah Terapkan Full Day School
Mendikbud baru ini menyarankan agar sekolah mulai menggunakan sistem full day school.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyarankan agar sekolah mulai melirik sistem belajar full day school. Menurutnya, sistem pendidikan belum sepenuhnya menghasilkan lulusan yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

"Anak-anak muda zaman sekarang masih banyak yang bermental lembek dan tidak tahan banting," kata Muhadjir yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (08/08/16).

Pendidikan dasar dan menengah masih keteteran menghadapi pesatnya kemajuan zaman. Untuk membenahi karakter generasi muda, Mendikbud baru ini menyarankan agar sekolah negeri maupun swasta mulai menggunakan sistem full day school.

Menurutnya diperlukan restorasi pendidikan terutama pada level SD dan SMP karena pada tahap itulah karakter anak bisa terbentuk. Full day school dipandang mampu menjadi salah satu solusi untuk membangun generasi penerus berkualitas.

"Dengan sistem full day school, secara perlahan karakter anak akan terbangun dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orangtua mereka belum pulang kerja," kata kata Muhadjir yang SekolahDasar.Net kutip dari Berita Satu (08/08/16).

Dengan Full day school dapat membendung pengaruh buruk yang diterima anak saat orang tua sibuk bekerja dan tak sempat mengawasi. Selama satu hari di sekolah, banyak hal yang bisa dipelajari anak-anak untuk menambah wawasan mereka. Anak akan sampai di rumah bersamaan dengan waktu pulang kerja orang tuanya.

Baca juga: Mendidik Jiwa Wirausaha Pada Anak

"Kursus-kursus dan kajian agama bisa dilakukan di sekolah, anak lebih terpantau daripada ikut pengajian di luar nanti malah dapat ustadz dari kelompok ekstrem," ujar mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini mencontohkan.