Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Melihat Tempat PLPG Sertifikasi Guru 2016

Cara Melihat Tempat PLPG Sertifikasi Guru 2016
Melihat tempat LPTK atau perguruan tinggi di mana peserta sertifikasi guru tahun 2016 mengikuti PLPG.

Daftar nama peserta sertifikasi guru (sergur) melalui jalur Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2016 sudah bisa dilihat secara online. Selain nomor peserta sertifikasi guru, tempat Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara PLPG 2016 juga sudah bisa dilihat.

Peserta PLPG yang telah ditetapkan adalah guru yang diangkat sebelum 30 Desember 2005 sebanyak 53.883 orang dan guru yang diangkat setelah 30 Desember 2005 yang memiliki nilai UKG 2015 diatas 55, berjumlah 15.376 yang dirangking berdasarkan nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 lalu.

Tempat LPTK atau perguruan tinggi di mana peserta sertifikasi guru tahun 2016 mengikuti PLPG tergantung dari jurusan atau mata pelajaran yang sesuai dengan bidang sertifikasinya. Penempatan lokasi PLPG tahun otomatis ditentukan oleh sistem sesuai dengan kode sertifikasinya.

Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota akan mencetak Format A1 dari Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG) dan menandatanganinya untuk dibawa dan diserahkan guru kepada perguruan tinggi LPTK tempat guru tersebut mengikuti PLPG. Sertifikasi guru ini akan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2016.

Cara Melihat LPTK Tempat PLPG Sertifikasi Guru Tahun 2015

1. Kunjungi http://sergur.kemdiknas.go.id/pub/index.php?pg=detail
2. Pilih Pencarian yang ada di pojok kanan atas
3. Masukan NUPTK pada kotak lalu klik ikon pencarian

Sertifikasi guru melalui pola PLPG hanya ditempuh selama 10 hari berupa diklat di LPTK ditambah ujian tulis lokal dan ujian tulis nasional. Jika dinyatakan lulus maka peserta sertifikasi guru pola PLPG tahun 2016 ini mendapat sertifikat pendidik dan mendapat tunjangan profesi.

Baca juga: Edaran Perihal Sertifikasi Guru 2016 Melalui PLPG

Peserta sertifikasi guru wajib mempersiapkan diri sebelum mengikuti PLPG dengan mempelajari substansi materi sesuai dengan bidang studi yang akan disertifikasi. Standar kelulusan sertifikasi guru tahun 2016 adalah memenuhi skor UKG 80 pada akhir PLPG.