» » » » Kepala Sekolah dan Guru Jangan Sibuk Urus SPJ

Kepala Sekolah dan Guru Jangan Sibuk Urus SPJ

Kepala Sekolah dan Guru Jangan Sibuk Urus SPJ
Semua harus mengubah pola pikir sehingga tak lagi berkutat dengan hal tak perlu.
Presiden Joko Widodo menyinggung soal kesibukan para PNS yang selama bekerja justru dihabiskan untuk mengurus SPJ (Surat Pertanggungjawaban). Parahnya, kata dia, kondisi ini juga menjangkit hingga ke sekolah. Kepala sekolah dan guru lebih sibuk mengurus SPJ dibanding mengajar.

Baca juga: Belum Banyak Guru yang Memiliki Jiwa Mendidik

"Saya juga pesan pada ibu Menkeu dan Pak Menko Perekonomian, jangan terlalu bertele-tele rezim keuangan kita. Maaf ini, hampir 60-70 persen birokrasi kita sibuk ngurus SPJ. Lembur sampai malam ngapain SPJ, SPJ. Maaf, kalau orientasi kita ke situ menurut saya keliru," kata Jokowi.

Dia meminta laporan keuangan bisa dibuat lebih singkat dan mudah dibaca serta diperiksa. Sehingga energi tidak terbuang hanya untuk membuat laporan SPJ. PNS jangan terjebak rutinitas yang dianggap benar itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan seluruh penyelenggara negara harus mengubah pola pikir sehingga tak lagi berkutat dengan hal tak perlu. Orientasi harus bergeser dari proses ke hasil.

"Sekali lagi orientasi kita harus hasil jangan sampai kehilangan energi betul semua mengarah pada SPJ," kata Jakowi di Istana Negara Jakarta (20/9).



SekolahDasar.Net | 22 September 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA