» » » » Cara Mengikuti Pembelajaran GP Moda Daring

Cara Mengikuti Pembelajaran GP Moda Daring

Berikut langkah-langkah cara mengikuti pembelajaran guru pembelajar (GP) moda daring.
Kemendikbud melaksanakan diklat bagi guru-guru. Diklat tersebut menggunakan 3 mode yakni, tatap muka, kombinasi, dan mode daring atau online. Ketentuan tersebut berdasarkan rapor atau hasul Uji Kompetensi Guru (UKG). Pada diklat GP daring kombinasi ada kelas/pusat belajar, sedangkan pada diklat Moda Daring Penuh tidak ada "pusat belajar" karena dilakukan secara mandiri (full online).

Baca juga: Undangan Diklat Guru Pembelajar Moda Daring

Diklat pasca UKG ini guru mendaftar dan login di aplikasi Guru Pembelajar (GP) di sim.gurupembelajar.go.id. Mengikuti program Guru Pembelajar moda daring ini memang agak rumit, apalagi bagi guru yang jarang menggunakan internet. Berikut langkah-langkah cara mengikuti guru pembelajar moda daring yang SekolahDasar.Net kutip dari http://jetjetsemut.blogspot.co.id:

1. Buka kelas saya, kemudian klik "BUKA SEMUA SESI"


Selanjutnya akan terbuka beberapa bagian di tiap sesi. Di bawah sesi ada beberapa bagian sesi yang bisa dibuka dengan cara di klik. kemudian ada kotak kecil di sebelah kanan nya.

2. Klik bagian sesi tersebut satu persatu secara berurutan dari awal. Pahami materi yang ada di bagian sesi tersebut. Jika sudah membuka dan mempelajari semua bagian sesi, maka otomatis kotak yang kecil tersebut TERCENTANG. Itu artinya guru sudah mengikuti pembelajaran. Selanjutnya ke bagian sesi berikutnya.

3. Sesi 1-4 adalah materi pembelajaran, dalam materi pembelajaran biasanya ada:

Contoh sesi dalam kelas GP daring TK modul Kompetensi A

a. Pengantar sesi (merupakan petunjuk mengikuti sesi tersebut)

b. Kegiatan pembelajaran (berupa materi yang harus dipahami)

c. Forum (dalam forum biasanya ada pertanyaan/kasus terkait materi yang harus guru pecahkan atau tanggapi. Berikan jawaban, terhadap pertanyaan atau kasus tersebut. Kemudian berikan tanggapan/komentar terhadap jawaban rekan sebanyak 2 orang)

d. Lembar Kerja_ LK biasanya terdapat di bahan rujukan (LK tersebut wajib guru kerjakan, dengan cara: Unduh terlebih dahulu lalu kerjakan LK tersebut (biasanya setelah di unduh bisa dibuka di file download di komputer). Setelah dikerjakan (bisa secara offline) ganti nama file nya dengan format : LK (spasi) no LK (spasi) nama peserta Contoh: LK 1.2 Yeni Rosnasari. Untuk mempermudah pengelolaan file Bapak ibu diharapkan menyimpan semua file LK dalam satu file di komputer agar tidak terpisah.

LK = Lembar Kerja

Kemudian Mengupload LK caranya: buka e-portopolio (e-portofolio merupakan kumpulan tugas Bapak Ibu yg bisa ditemukan di menu atas di bawah blog refleksi) kemudian klik tombol "Add Contribution" (ada di bawah sebelah kiri)- pilih file LK yg akan d upload- isi titel dengan materi LK- isi konten dengan penjelasan singkat LK- klik Update Contribution untuk mengirimnya.
LK yang guru sudah dikerjakan dan di Upload akan diberi umpan balik oleh Pengampu, maka dari itu selalu cek e-portopolio guru.

f. Chat sesi_ merupakan sarana berkomunikasi dengan kawan dan pengampu untuk mendiskusikan masalah, berbagi pengalaman terkait materi sesi tersebut.

g. Bahan rujukan_ adalah bahan bacaan pelajaran (biasanya berbentuk file pdf, video, word dll) yang bisa diunduh untuk lebih memahami materi. Disini juga terdapat file LK yg harus di kerjakan

h. Blog Refleksi_ adalah sarana untuk menceritakan pengalaman, kesan, keluhan atau pesan yang Bapak Ibu alami selama melakukan aktivitas pembelajaran di sesi tersebut.

i. Umpan Balik Sesi_ adalah untuk mengukur reaksi proses pembelajaran berupa "kepuasan peserta" melalui pengisian instrumen smiley face. Evaluasi ini diberikan setelah menyelesaikan 2 sesi pembelajaran, yang hasilnya digunakan untuk perbaikan pembelajaran pada sesi berikutnya.

j. Penilaian diri_ Bapak Ibu harus menilai sendiri hasil pekerjaan yang telah diselesaikan sesuai dengan rubrik yang disediakan

k. Tes Sumatif_ tes di akhir tiap sesi untuk mengukur pemahaman guru terhadap Materi (tes sumatif mempunyai durasi waktu, dan hanya bisa dilakukan satu kali/tidak bisa diulang)

l. Permainan Apersepsi_ adalah permainan yg bisa dikerjakan guru terkait materi

j. Videocall_ ini wajib guru ikuti.



SekolahDasar.Net | 6 Oktober 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA