» » » » Jokowi: Hormati Guru akan Jadi Gerakan Nasional

Jokowi: Hormati Guru akan Jadi Gerakan Nasional

Jokowi: Hormati Guru akan Jadi Gerakan Nasional
Gerakan menghormati guru diusulkan agar menjadi gerakan nasional.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tradisi menghormati guru di Indonesia kian hari kian luntur, padahal negara-negara maju masih memegang nilai-nilai tersebut. Ia ingin kembali menghidupkan kembali karakter bangsa yang menghormati guru.

Ia berjanji akan mengusulkan gerakan menghormati guru kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy agar dijadikan gerakan nasional. Menurutnya menghormati guru merupakan karakter dasar bangsa yang harus senantiasa dipegang.

"Saya nanti akan bisikkan kepada Mendikbud bahwa ini juga menjadi gerakan nasional kita. Kalau enggak diingatkan, lupa kita semua. Hal-hal yang sangat basic, sangat mendasar, karakter bangsa kita," kata Jokowi yang SekolahDasar.Net kutip dari Okezone (10/11/2016).

Jokowi bercerita tentang pengalamannya saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Hal yang selalu dia ingat adalah ritual mencium tangan guru sebelum masuk gerbang sekolah yang waktu itu masih menjadi kebiasaan siswa.

Baca juga: Resep Ini Dapat Membuat Guru Menjadi Hebat

"Kalau dengan guru kita ingat, kayak SD tahun 1970-an begitu guru datang, kelihatan dari jauh sudah ngantri depan sekolah rebutan megang sepeda bapak ibu guru kita. Salamin dulu, kemudian pegang rebutan," kata Jokowi.

"Inilah kita kehilangan karakter itu, ada yang namanya Jepang, negara yang dengan kemajuan teknologi yang sangat tinggi masih memegang itu. Korea masih. Senioritas, kepada orang yang lebih tua," imbuh Jokowi.



SekolahDasar.Net | 10 November 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA