» » » » 6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

Mendidik anak-anak adalah pekerjaan yang sangat mulia dari yang lainnya. Meskipun begitu, masih banyak orang berpikir bahwa menjadi guru bukan sebuah kebanggaan, tidak bergengsi dan tak ada jenjang kenaikan karir yang berarti. Patut diketahui, guru adalah profesi yang sangat menjanjikan. Berikut cara efektif supaya Anda, sebagai guru mempunyai karir yang melesat dan reputasi yang baik, yang SekolahDasar.Net lansir dari life.idntimes.com (24/02/17).

1. Sabar menghadapi anak-anak di sekolah. Latihlah dan percayalah Anda bisa melakukan itu!

6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

Guru harus memiliki kesabaran untuk menghadapi anak-anak dengan beragam karakter dan latar belakangnya. Latihlah dan bangun kesabaran itu di dalam diri Anda sendiri karena kesabaran tersebut akan membawa kepada prestasi dan menjadi kenangan yang baik dari anak didik.


2. Berusahalah mengajarkan anak untuk mampu di suatu bidang tertentu, jangan paksa mereka!

6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

Untuk menjadi guru yang baik, janganlah menuntut anak didik untuk pintar dalam segala hal. Kita semua tahu bahwa manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitupun dengan anak yang memiliki potensi kecerdasan yang berbeda. Jangan meminta murid untuk menguasai semua hal, lebih baik fokuskan pada bakat dan minatnya.


3. Kuatkanlah spesialisasi Anda sebagai guru dan jadilah ahli dalam bidang tertentu!

6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

Sama seperti murid-murid, Anda juga adalah orang biasa yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jangan paksakan diri untuk mampu dalam segala pelajaran. Kamu harus memahami spesialisasimu terlebih dahulu, kemudian terus asah dan optimalkan apa yang sudah menjadi kemampuan Anda.


4. Ikuti pelatihan-pelatihan guru supaya kemampuan Anda terus berkembang!

6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

Untuk menjadi guru yang baik dan profesional, Anda juga harus belajar. Untuk itu, ikuti pelatihan dan seminar yang dispesialkan untuk guru. Anda akan bertemu guru-guru lain dan akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang menarik untuk memotivasi Anda menjadi guru dengan karir yang optimal.


5. Dengarkan anak didikmu, jadilah guru sekaligus sahabat bagi mereka semua!

6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

Anak-anak didiklah yang bisa menilai Anda dengan akurat dibanding orang lain karena mereka telah merasakan bagaimana rasanya diajar oleh Anda. Luangkan waktu setelah mengajar untuk mengobrol dengan murid dan tanyalah bagaimana rasanya diajarkan oleh Anda. Ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk diri Anda sendiri.


6. Jangan lupa untuk terus mengevaluasi diri. Teruslah perbaiki diri agar jadi guru yang baik!

6 Cara Supaya Guru Punya Karir dan Reputasi Baik

Jangan sampai lupa mengevaluasi dirimu sendiri dari dari beberapa guru atau anak didik. Evaluasi diri adalah hal yang sangat penting karena Anda akan dapat membuat dirimu jauh lebih baik dari sebelumnya dari saran orang-orang sekitarmu. Lakukanlah hal ini misalnya setiap kamu selesai mengajar atau di malam hari.

Baca juga: 9 Tipe Guru Seperti Ini yang Dibutuhkan Indonesia

Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat membutuhkan kecintaan dan ketulusan yang tinggi. Anda harus mengetahui dimanakah passion Anda untuk menjadi guru dan dan jelajahi terus itu sehingga Anda menjadi lebih semangat menjalaninya.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 24 Februari 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA