» » » » Banyak Manfaat, Guru Dukung Sekolah Lima Hari

Banyak Manfaat, Guru Dukung Sekolah Lima Hari

Banyak Manfaat, Guru Dukung Sekolah Lima Hari
Sekolah lima hari atau libur sekolah pada hari Sabtu segera direalisasikan dan sebaiknya dalam bentuk keputusan yang bersifat nasional.
Banyak guru mendukung rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberlakuan sekolah lima hari. Dengan libur sekolah pada hari Sabtu banyak manfaat yang bisa dinikmati, tidak hanya siswa tetapi juga guru.

"Manfaat yang akan dirasakan siswa jika libur sekolah pada hari Sabtu akan memberi waktu lebih banyak untuk siswa dalam melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga, seperti berwisata atau mengunjungi keluarga," kata salah seorang guru di Ternate.

Bagi guru, pemberlakuan libur sekolah pada hari Sabtu tersebut, manfaat yang bisa dinikmati di antaranya mengakrabkan diri dengan anggota keluarga dengan berbagai kegiatan, misalnya berwisata atau membenahi rumah. Guru juga bisa leluasa melakukan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, misalnya ke acara majelis taklim atau ke perpustakaan.

Menjalani aktivitas sekolah dari hari Senin sampai Sabtu seperti yang berlangsung selama ini, memang tidak memberi waktu yang cukup bagi siswa maupun guru untuk melakukan aktivitas lain yang sifatnya lebih refreshing bersama anggota keluarga atau dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Baca juga: Orang Tua Juga Setuju Full Day School

Manfaat lain, di antaranya akan mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi, terutama di tempat-tempat objek wisata. Dengan banyaknya para siswa bersama keluarganya dapat berwisata otomatis akan meningkatkan omzet penjualan para pedagang yang ada di objek wisata.

Oleh karena itu, rencana pemberlakuan libur sekolah pada hari Sabtu tersebut dapat segera direalisasikan dan sebaiknya dalam bentuk keputusan yang bersifat nasional, sehingga tidak ada alasan bagi pemerintah daerah setempat untuk tidak menerapkannya.


SekolahDasar.Net | 4 Februari 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA