Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikatan Guru Indonesia Dukung Nilai UKG Minimal 80

IGI berharap pemerintah dapat lebih ketat dengan proses sertifikasi guru.
Standar kelulusan minimal 80 persen adalah sesuatu yang wajar dan buat IGI, hal tersebut adalah sebuah keniscayaan.
Ikatan Guru Indonesia (IGI) menilai angka minimal (passing grade) kelulusan uji kompetensi guru (UKG) sebesar 80 poin itu hal yang wajar. IGI berharap pemerintah dapat lebih ketat dengan proses sertifikasi guru. Guru penerima tunjangan profesi guru (TPG) memang harus merupakan guru profesional dengan standar kompetensi tinggi.

Baca juga: Nilai Minimal Kelulusan UKG 2017 Minta Diturunkan

"Pemerintah tidak boleh lagi mentoleransi untuk mememberikan TPG kepada guru-guru berkualitas rendah apalagi guru yang diterima dalam kurung waktu 2006-2015 bukan lagi tergolong guru-guru senior yang jauh dari teknologi," kata Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum Pengurus Pusat IGI yang SekolahDasar.Net kutip dari Tribunnews (31/03/17).

Terkait kesulitan untuk mendapatkan nilai yang tinggi itu, Ramli mengatakan sebuah kewajaran. Apalagi banyak guru yang usianya sudah tua. Namun kesulitan ini bisa diatasi dengan pembinaan-pembinaan. Diantaranya pembinaan yang dilakukan oleh organisasi profesi guru masing-masing. Ramli berharap Kemendikbud tidak mengurangi batas minimal kelulusan UKG itu.

"Bagaimana ingin anak didiknya mendapatkan nilai 100 jika gurunya tidak tinggi nilainya," kata Ramli yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (31/03/17).

Dia memperkirakan dengan persiapan sekitar enam bulan, setelah UKG 2016, para guru lebih siap. Sebab para guru yang tidak lulus UKG 2016 telah melakukan program pembelajaran mandiri. Guru harus mampu secara mandiri mengembangkan kompetensinya tanpa berharap pada pemerintah. Sehingga peningkatan kesejahteraan sejalan dengan kompetensi guru.

UKG ulang dalam bentuk Ujian Tulis Nasional (UTN) diikuti oleh 41.218 orang guru yang dinyatakan tidak lulus pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2016. UKG ulang tahun 2017 akan dilaksanakan mulai 25 April mendatang. Jika mereka lulus akan mendapatkan ertifikat profesi pendidik, sebagai syarat menerima TPG.