» » » » Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif

Mendikbud Kembali Ingatkan Guru SD Harus Kreatif

Kegiatan belajar yang menyenangkan sekaligus mendidik
Guru harus lebih berperan sebagai motivator, inspirator dan katalisator untuk memancing kreativitas siswa.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan guru harus kreatif mengembangkan metode untuk membangkitkan aktivitas, minat, dan semangat siswa untuk belajar. Ini terkait sistem pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) akan mengalami perubahan cukup drastis.

Mulai tahun ajaran 2017/2018 mendatang, guru dan siswa SD wajib berada di sekolah selama 8 jam per hari, namun sistem ajar tidak boleh lagi semata-mata diisi dengan pemberian mata pelajaran di ruang kelas. Dengan perubahan porsi kegiatan belajar ini, Mendikbud meminta agar para guru SD bisa melakukan penyesuaian.

"Dengan adanya perubahan ini, guru tidak boleh lagi terlalu banyak ceramah di kelas. Namun guru harus lebih berperan sebagai motivator, inspirator dan katalisator untuk memancing kreativitas siswa," kata Mendikbud yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (29/04/17).

Para guru SD harus mampu mengubah kegiatan belajar di sekolahnya menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan sekaligus mendidik. Bukan lagi diisi kegiatan pendidikan yang membuat siswa SD menjadi penat karena dijejali kegiatan ceramah di depan kelas. Menurutnya jika pelajaran banyak gurunya yang ceramah yang pintar gurunya bukan siswanya.

Baca juga: Beginilah Cara Jepang Memperlakukan Guru

"Di Jepang, banyak anak-anak yang bahkan tidak mau pulang ke rumah karena di sekolah sudah merasa nyaman. Ini yang akan sedang kita dorong," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 29 April 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA