» » » » Soal dan Jawaban UKG Ulang atau UTN PLPG 2017

Soal dan Jawaban UKG Ulang atau UTN PLPG 2017

Kisi-kisi ini dapat memberi gambaran kepada peserta UKG tentang soal-soal yang akan di ujikan
Kumpulan soal latihan UKG ulang tahun 2017 dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya.
Sebanyak 41.218 guru akan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Ulang atau Ujian Tulis Nasional (UTN). UKG ulang diikuti oleh guru yang belum lulus UKG setelah sertifikasi guru melalui pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2016. Nilai minimal (passing grade) kelulusan UKG yang ditetapkan sebesar 80 poin.

Baca juga: Nilai Minimal Kelulusan UKG 2017 Minta Diturunkan

Seperti UKG yang diselenggarakan tahun-tahun sebelumnya, UKG ulang ini juga dilaksanakan melalaui Computer Based Test (CBT) atau online. Setiap guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal sebanyak 60 sampai 100 soal pilihan ganda. Masing-masing guru peserta UKG atau UTN ulang akan mendapatkan soal berbeda-beda namun bobotnya tetap sama.

Untuk guru SD, sesuai kisi-kisi ada tiga mata pelajaran (mapel) UKG, yaitu guru SD kelas rendah, guru SD kelas tinggi, dan guru penjaskes SD. Dengan kisi-kisi ini dapat memberi gambaran kepada peserta UKG tentang soal-soal yang akan di ujikan. Ada 2 aspek materi yang akan diujikan, yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Contoh soal UKG dan kunci jawabannya

Teori yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari ....
A. Piaget
B. Vigotsky (√)
C. Erikson
D. Smilansky

Ali, Amir dan Adi mempunyai tali yang masing - masing panjangnya adalah 90 dm, 6,5 m dan 750 cm. Panjang tali ketiga anak tersebut adalah ....
A. 21 m
B. 22 m
C. 23 m (√)
D. 24 m

Selengkapnya kumpulan soal UKG yang dapat digunakan guru SD untuk latihan UKG ulang tahun 2017 dengan disertai kunci jawaban dan pembahasannya dapat didownload di tautan berikut ini:


UKG ulang tahun 2017 akan dilaksanakan mulai 25 April mendatang. Jika mereka lulus akan mendapatkan sertifikat profesi pendidik, sebagai syarat menerima tunjangan profesi guru (TPG). Guru dapat mengikuti ujian lagi tanpa mengikuti PLPG lagi, maksimal empat kali. Ujian sertifikasi guru dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.


SekolahDasar.Net | 3 April 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA